Crash Test Salah Satu standar Keamanan Kendaraan Di Dunia

Tampilan Uji Tabrak Yang Dilakukan Oleh Marcopolo SA (sumber gambar/Marcopolo SA)

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengenal uji keamanan kendaraan yang satu ini yaitu Crash Test Salah Satu Standar Keamanan Kendaraan Di Dunia.

Di Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya Crash Test merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh produsen kendaraan sebelum nantinya produk tersebut akan dipasarkan.

Baca Juga: Kilas Sejarah Dan Kemajuan Bus Gandeng Di Dunia

Crash Test merupakan suatu uji keamanan kendaraan yang bertujuan untuk dapat mengetahui tingkat keamanan dari penggunanya pada saat terjadi kecelakaan.

Pengujian tersebut dilakukan dengan cara simulasi tabrakan dari bagian depan, samping, dan belakang yang dilakukan dengan bantuan beragam sistem pendukung lainnya.

Tujuan dari Uji Tabrak kendaraan Bagian depan, belakang dan samping yaitu untuk dapat melihat seberapa parah dampak kerusakan yang diterima kendaraan tersebut dalam Hal ini yaitu Bus.

pengujian Tersebut disimulasikan pada kondisi kendaraan menabrak maupun ditabrak oleh objek test seperti Dinding, pembatas jalan, kendaraan test dan sebagainya.  

Crash Test Dummy (Sumber Gambar/Touring Club SuisseSchweizSvizzero TCS)
Crash Test Dummy (Sumber Gambar/Touring Club SuisseSchweizSvizzero TCS)

kendaraan bus yang hendak menjalani Crash Test nantinya akan dipasangkan boneka khusus (Crash test dummy), yang didesain semirip mungkin dengan manusia dan digunakan untuk mengetahui potensi cedera pada pengemudi, kru kabin, serta penumpang bus selama pengujian berlangsung.

Baca Juga: Body Bus Maxy Miracle Produksi Karoseri Nusantara Gemilang

Dengan adanya uji tabrak kendaraan seperti ini, diharapkan apabila terjadi suatu insiden yang menimpa kendaraan yang telah lulus uji tabrak maka hal tersebut dapat menurunkan tingkat cedera dari pengemudi, kru kabin dan penumpang serta tidak adanya korban jiwa lainnya.

Crash Test Yang Dilakukan Oleh Produsen Kendaraan Bus Asal Tiongkok (Sumber Gambar/Chinabuses)
Crash Test Yang Dilakukan Oleh Produsen Kendaraan Bus Asal Tiongkok (Sumber Gambar/Chinabuses)

Disisi lain, hingga kini Sejumlah Produsen kendaraan komersial juga banyak yang menerapkan uji tabrak pada produk buatannya, seperti Mercedes Benz, Yutong, Volvo, hingga produsen body bus asal Brazil yaitu Marcopolo S.A.

Baca Juga: Mengenal Terminal Bus Giri Adipura Wonogiri

Nah itulah pembahasan tentang Crash Test Salah Satu Standar Keamanan Kendaraan Di Dunia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top