Logo Karoseri Nusantara Gemilang (Sumber Gambar/fastrans22)

Sejarah Dan Perkembangan Karoseri Nusantara Gemilang

Perkembangan industri transportasi bus di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan dari sekian banyaknya karoseri kendaraan komersial yang ada, terdapat sebuah karoseri yang bisa dikatakan sebagai salah satu yang termuda, Karoseri tersebut ialah Nusantara Gemilang. Kali ini mari membahas tentang Sejarah Dan Perkembangan Karoseri Nusantara Gemilang.

Baca Juga: Berikut Jumlah Armada Bus Indonesia Di Semua Layanannya

Karoseri Nusantara Gemilang merupakan perusahaan manufaktur body kendaraan komersial yang berpusat di Jawa Tengah dan karoseri ini telah berdiri sejak tahun 2011, serta Nusantara Gemilang sendiri merupakan hasil kerja sama antara PO Nusantara dengan Gemilang Coachwork, Malaysia.

Selain itu untuk mendukung produksinya, karoseri Nusantara Gemilang mendatangkan sejumlah alat pendukung produksi bus dari Malaysia dan Gemilang Coachwork juga memberikan Transfer Of Knowledge (TOK) kepada karoseri Nusantara Gemilang.

Sehingga tidak heran apabila terdapat model bus produksi karoseri Nusantara Gemilang yang serupa dengan model bus yang diproduksi oleh Gemilang Coachwork.

Disisi lain karoseri Nusantara Gemilang juga dikenal sebagai salah satu karoseri yang meluncurkan berbagai model bus berbody Aluminium.

dimana bahan ini dikenal cukup kuat dan tidak mudah berkarat serta tentunya lebih ringan jika dibandingkan dengan body bus yang terbuat dari bahan pada umumnya.

Body Skybus Nusantara Gemilang (Sumber Gambar/Fajarnurhadi59_)
Body Skybus Nusantara Gemilang (Sumber Gambar/Fajarnurhadi59_)

produk pertama yang dihasilkan oleh karoseri Nusantara Gemilang ialah Skybus, dimana body ini memiliki tampilan yang kental dengan nuansa bus dikawasan Eropa.

model bus tersebut cukup berhasil menarik banyak peminat, Dimana PO Pahala Kencana merupakan salah satu perusahaan otobus yang menggunakan body Skybus. Baca selengkapnya seputar body Skybus Produksi Nusantara Gemilang dengan KLIK DISINI.

Maxi Miracle Nusantara Gemilang (Eko8chelsea (Twitter)
Maxi Miracle Nusantara Gemilang (Eko8chelsea /Twitter)

Beberapa tahun kemudian tepatnya sekitar tahun 2013, karoseri Nusantara Gemilang kembali meluncurkan model bus kedua produksinya yaitu Maxi Miracle.

yang mana body ini memiliki keunggulan antara lain bagasi yang luas hingga posisi deck penumpang yang lebih tinggi dari kabin kemudi, Sehingga penumpang bus memiliki Visibilitas yang luas saat memandang kearah luar bus.

Selain berfokus memproduksi bus antar kota, Nusantara Gemilang juga mengembangkan model bus untuk keperluan angkutan perkotaan dan produk buatan karoseri tersebut juga banyak digunakan pada layanan Transjakarta.

Baca Juga: Beberapa Perusahaan Otobus Dengan Model Livery Unik

Kemudian pada tahun 2019-an karoseri Nusantara Gemilang diakuisisi oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB) termasuk seluruh aset perusahaan manufaktur kendaraan komersial tersebut, dan saat ini karoseri Nusantara Gemilang telah berubah nama menjadi Karoseri Anak Bangsa (KAB).

Nah Itulah pembahasan tentang Sejarah Dan Perkembangan Karoseri Nusantara Gemilang, Dan Dapatkan Terus Update Informasi Seputar Transportasi Di Digitalototransport.Com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top