4 Terminal Bus AKAP Yang Ada Di Jakarta

Area Parkir Bus Antar Kota Antar Provinsi Di Terminal Pulo Gebang (Sumber Gambar/ argyadz19)

Terminal bus merupakan sebuah infrastruktur penting yang hampir ada disetiap wilayah maupun kota di Indonesia dan dari sekian banyaknya Kota di Indonesia, Jakarta menjadi kota dengan jumlah terminal bus terbanyak di Indonesia. Meski begitu tidak semua terminal yang ada di Jakarta dijadikan titik keberangkatan maupun kedatangan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi, dan berikut 4 Terminal Bus Akap Yang Ada Di Jakarta.

1. TERMINAL PULO GEBANG

Pulo Gebang ialah salah satu terminal bus tipe A di Jakarta, dan terminal ini merupakan wajah baru terminal bus di Indonesia, yang mana Pulo Gebang telah menerapkan konsep terminal modern dengan sejumlah fasilitas yang mumpuni seperti Elevator, Eskalator, Ruang Tunggu, Tempat ibadah, hingga Area Food court.

Baca Juga: Sejarah Dan Perkembangan Karoseri Nusantara Gemilang

Selain itu terminal ini juga beroperasi selama 24 Jam nonstop dan dapat menampung sebanyak 1.438 bus dengan 28 lajur keberangkatan bus AKAP dan 7 lajur kedatangan bus AKAP dari berbagai wilayah di Indonesia.

2. TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN

Kampung Rambutan bisa dikatakan sebagai salah satu terminal bus tersibuk di Jakarta, yang mana terminal ini merupakan titik pemberangkatan bus menuju sejumlah wilayah di Indonesia seperti kota-kota dipulau Jawa, Madura, Sumatera, hingga Sumbawa.

Selain itu Terminal bus yang terletak di Jakarta Timur ini telah beroperasi sejak tahun 1990-an dan kini terminal tersebut telah terintegrasi dengan beberapa moda layanan angkutan perkotaan, termasuk Transjakarta dengan rute perjalanan Koridor 7 (Kampung Melayu – Kampung Rambutan).

3. TERMINAL KALIDERES

Terminal AKAP selanjutnya yang ada di Jakarta ialah Kalideres, dan Lokasi dari Terminal ini sendiri berdekatan dengan perbatasan antara Jakarta Barat serta Tangerang, Banten.

Disisi lain Terminal Kalideres juga menjadi titik pemberangkatan sejumlah perusahaan otobus mulai dari Sinar Jaya, Haryanto, Pahala Kencana, Pelita Baru Prima, Dieng Indah, Harapan Jaya, AM Trans, Handoyo, Sari Indah, Kramat djati, Mayora Trans, Transport Express Jaya, Putra Rafflesia, Minanga Express, Adhi Prima dan sebagainya.

4. TERMINAL TANJUNG PRIOK

Terminal Tanjung Priok merupakan salah satu terminal bus di Jakarta, yang mana terminal ini memiliki peran yang cukup penting terutama bagi kamu yang hendak bepergian menuju Kawasan utara kota Jakarta.

Selain dikenal sebagai tempat transit angkutan perkotaan, terminal Tanjung Priok juga merupakan salah satu terminal bus AKAP di Jakarta yang mana terminal ini didominasi oleh bus-bus dengan rute perjalanan menuju sejumlah wilayah dipulau jawa.

Mulai dari Semarang, Cepu, Magelang, Yogyakarta, Solo, Kudus, Rembang, Pati, Bojonegoro, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Berikut Jumlah Armada Bus Indonesia Di Semua Layanannya

terminal Tanjung Priok juga telah terintegrasi dengan layanan Kereta Commuter Line dan Transjakarta yaitu koridor 10 (Tanjung Priok-PGC).

Nah itulah 4 Terminal Bus Akap Yang Ada Di Jakarta, kalau sahabat transport lebih suka naik bus AKAP dari terminal mana nih?.

Yuk share dikolom komentar dan nantikan informasi lainnya seputar transportasi hanya di digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top