Scania K320IA Bus Berstandar EURO 6 Pertama Scania Yang Masuk Ke Indonesia

Scania K320IA Bus Berstandar EURO 6 Pertama Scania Yang Masuk Ke Indonesia (Sumber Gambar/wikimedia)

Scania K320IA Bus Berstandar EURO 6 Pertama Scania Yang Masuk Ke Indonesia dan Bagi masyarakat Jakarta pastinya sudah pernah merasakan kenyamanan dari chasis bus produksi Swedia yang satu ini.

Banyak varian chasis bus produksi Scania telah banyak digunakan oleh PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta mulai dari Scania K320IA CNG (Euro VI), Scania K340IA (Euro VI), Scania K250UB, hingga Scania K310IB 6×2.

Baca Juga: Mengapa Posisi Pengemudi Bus Lebih Rendah Dari Penumpang

Namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai SCANIA K320IA yang merupakan bus berstandar emisi euro 6 pertama produksi Scania yang masuk Indonesia.

Scania K320IA (Intercity Articulated bus) merupakan bus gandeng perkotaan, bus ini pertama kali diperkenalkan oleh PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta pada tahun 2015 dan digunakan sebagai moda layanan Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta.

Scania K320IA 6X2/2 merupakan bus gandeng berstandar emisi euro 6 yang memiliki dimensi Panjang mencapai 18 meter dengan Gross Vehicle Weight (GVW) sekitar 26 Ton dan mampu mengangkut sebanyak 140 penumpang (duduk dan berdiri).

Chasis bus ini telah dilengkapi mesin tipe OC09 102 yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 340 Hp, namun pada uji coba yang dilakukan oleh TransJakarta menghasilkan sebuah keputusan dimana tenaga mesin diturunkan dari 340 menjadi 320 Horse Power dan keputusan tersebut pastinya telah melalui banyak mekanisme penilaian.

Scania K320IA 6X2/2 diklaim memiliki efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya serta lebih ramah lingkungan, bahkan Scania K320IA mampu menghemat penggunaan bahan bakar mencapai 1,5 Kilometer per liter sebuah angka yang cukup bersaing dikelasnya dan menjadi daya tawar lebih dari chasis tersebut.

Chasis bus ini telah dilengkapi sejumlah fitur keamanan yang canggih seperti EBS (Electronic Braking System), ABS (Anti-lock Braking System), retarder brake hingga fitur hill-hold.

Baca Juga: Keunggulan Dan Kekurangan Bus Dengan Pintu Tengah

Pada kenyamanan bus ini menggunakan suspensi udara yang telah terpasang disetiap poros rodanya sehingga ayunannya dijamin bakal bikin kamu mengantuk.

Nah segitu dulu pembahasan singkat tentang Scania K320IA ini, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top