Keunggulan Dan Kekurangan Bus Dengan Pintu Tengah

tampilan bus dengan pintu tengah (sumber gambar/Instagram/trinovandawijavairea_)

Keunggulan Dan Kekurangan Bus Dengan Pintu Tengah akan menjadi pembahasan kali ini yang mana Bus umumnya dilengkapi dua pintu yang dapat dipergunakan oleh penumpang sebagai akses keluar maupun masuk bus.

Pintu utama bus biasanya terletak pada bagian kabin depan bus dan pintu kedua biasanya terdapat pada kabin bagian belakang, namun ada juga yang meletakannya dibagian tengah bus.

Baca Juga: Mengenal Chasis Scania K250IB Dengan Sejumlah Kecanggihannya

Terdapat beberapa faktor mengapa pintu bus diletakan pada bagian tengah, salah satunya ialah jenis chasis yang digunakan. Berikut keunggulan dan Kekurangan bus dengan pintu tengah.

keunggulan bus dengan pintu tengah

Pertama, Kapasitas angkut penumpang yang lebih banyak

hal tersebut dikarenakan bus dengan pintu tengah umumnya memindahkan juga fasilitas toiletnya ke bagian tengah bus dan hanya memangkas sekitar 2 kursi sedangkan apabila toilet diletakan pada kabin belakang akan memangkas 4 kursi.

Hal itu disebabkan oleh adanya elemen tambahan seperti partisi yang diletakan pada kabin bagian belakang bus yang dimana terdapat toilet dan smooking room didalamnya, partisi tersebut berfungsi untuk mencegah aroma yang tidak sedap masuk ke kabin utama penumpang.

Kedua, Meminimalisir Guncangan Pada Toilet

Toilet bus yang terletak pada bagian tengah biasanya lebih minim guncangan, hal tersebut dikarenakan posisi toilet yang lebih rendah (sejajar dengan roda).

sedangkan bus yang meletakan toiletnya pada bagian belakang akan mengalami guncangan yang cukup mengganggu, hal tersebut dikarenakan posisi toilet yang lebih tinggi (diatas roda) serta terletak berdekatan dengan mesin (bus mesin belakang) dan roda belakang bus.

Tampilan Kabin Bus Dengan Toilet Dibagian Belakang (Sumber Gambar/Bus Pariwisata Jakarta)
Tampilan Kabin Bus Dengan Toilet Dibagian Belakang (Sumber Gambar/Bus Pariwisata Jakarta)

Ketiga, Akses ke Toilet yang lebih mudah

Apabila sahabat transport pernah menaiki bus malam dan duduk di kursi bagian depan lalu kemudian hendak ke toilet pastinya kamu harus berjalan terlebih dahulu menuju ke kabin bagian belakang bus dengan jarak yang cukup jauh.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Avante D2 Milik PO Borlindo

belum lagi kamu harus masuk ke ruang merokok terlebih dahulu baru kemudian dapat masuk ke toilet dan apabila kamu orang yang tidak suka dengan bau rokok pastinya akan sangat terganggu, namun apabila toilet bus terletak pada tengah kabin pastinya akses akan lebih mudah.

kekurangan dari bus dengan toilet ditengah

Pertama, kapasitas ruang bagasinya yang berkurang

Berkurangnya kapasitas bagasi bus disebabkan oleh salah satu bagasi yang terletak dibagian kiri akan dialih fungsikan sebagai pintu akses keluar masuknya penumpang bus sehingga ruang bagasi akan berkurang.

Kedua, Dimensi Toilet yang lebih kecil

Bus dengan toilet yang berada dibagian tengah pastinya akan mengurangi dimensi dari toilet tersebut, hal itu dikarenakan beberapa faktor seperti kebijakan operator bus, tipe chasis yang digunakan, hingga tipe body bus itu sendiri.

Nah itulah keunggulan dan kekurangan dari bus dengan toilet ditengah kalau kamu lebih suka posisi toilet dimana nih sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top