Overture Salah Satu Pesawat Penumpang Tercepat Di Dunia

Tampilan samping dari pesawat supersonik Overture (Sumber Gambar/boomsupersonic)

Jika berbicara mengenai pesawat dengan kecepatan tinggi, tentu yang terlintas dipikiran kita adalah pesawat untuk keperluan militer. Namun nantinya akan ada pesawat penumpang dengan kecepatan dua kali lipat kecepatan jet komersial saat ini. Pesawat tersebut ialah Overture Salah Satu Pesawat Penumpang Tercepat Di Dunia.

Overture adalah pesawat penumpang dengan kecepatan tinggi yang dijuluki sebagai Son of Concorde, Pesawat Overture sendiri dikembangkan oleh Boom Technology Inc.

Baca Juga: Melihat Keunggulan Pesawat N219 Nurtanio Produksi Indonesia

Boom Technology merupakan perusahaan produsen pesawat dengan kecepatan tinggi yang berasal dari negara Amerika Serikat.

Secara desain Overture sangatlah futuristik, pesawat ini dibekali dengan empat mesin bertenaga kuat yang terletak pada sayapnya.

kabarnya mesin tersebut mampu mendukung Overture untuk menjelajah hingga kecepatan 1,7 Mach (1.300 mph) saat terbang diatas permukaan air, dan dibawah 1 Mach (767 mph) apabila pesawat ini terbang diatas daratan dengan tidak menggunakan fitur afterburner.

Secara tampilan ke empat mesin tersebut didesain dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin pesawat pada umumnya.

Selain itu, setiap mesin tersebut dirancang dapat memberikan konsistensi tekanan udara yang memungkinkan mesin untuk beroperasi pada kecepatan Supersonik.  

Tampilan Atas Dari Pesawat Supersonik Overture (Sumber Gambar/Boomsupersonic)
Tampilan Atas Dari Pesawat Supersonik Overture (Sumber Gambar/Boomsupersonic)

kemudian Overture dirancang agar dapat beroperasi lebih tenang dibandingkan pesawat pada umumnya, hal ini dikarenakan pesawat ini menggunakan empat mesin yang memiliki daya dorong yang lebih rendah. Sehingga saat terbang diudara tingkat kebisingan dari Overture jauh lebih baik.

Hal itu dikarenakan pesawat ini memiliki sistem pengurangan kebisingan otomatis dan menjadi pesawat pertama yang menerapkan teknologi tersebut.

Baca Juga: Beriev Be-200 Altair Pesawat Multifungsi Produksi Rusia

Selain mesinnya, tentu desain badan pesawat menjadi salah satu hal terpenting bagi pesawat dengan kecepatan tinggi, Overture sendiri di desain agar dapat meminimalisir hambatan udara dan memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar pada saat pesawat ini melaju dengan kecepatan supersonik.  

Tampilan Bawah Dari Pesawat Supersonik Overture (Sumber Gambar/Boomsupersonic)
Tampilan Bawah Dari Pesawat Supersonik Overture (Sumber Gambar/Boomsupersonic)

desain dari badan pesawat dari Overture ini terlihat lebih aerodinamis dan memiliki diameter lebar badan pesawat yang lebih besar ke arah depan pesawat serta lebih kecil kearah belakangnya.

Tidak hanya itu, desain sayap dari Overture sendiri terkesan serupa dengan sayap burung camar. Penerapan desain tersebut dikarenakan rancangan ini memungkinkan udara dapat mengalir dengan lancar ke arah atas dan disekeliling pesawat serta desain ini mampu mengurangi kekuatan kejut sonic.

Baca Juga: Mengapa Pesawat Paling Jarang Bertabrakan Di Udara?

Pesawat ini sendiri kabarnya dibangun menggunakan bahan komposit karbon yang dinilai lebih ringan, sehingga dapat memberikan efek menurunnya tingkat konsumsi bahan bakar pada pesawat tersebut dan meningkatkan daya jelajah dari Overture.

Itulah Pembahasan mengenai Overture Salah Satu Pesawat Penumpang Tercepat Di Dunia dan bagaimana menurut sahabat transport mengenai pesawat ini? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top