Melihat Keunggulan Pesawat N219 Nurtanio Produksi Indonesia

Tampilan pesawat multi fungsi N219 Nurtanio produksi PT Dirgantara Indonesia (Sumber Gambar/Dok.PT DI)

Saat ini Industri Dirgantara Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu, bahkan produk pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia mulai banyak disorot berbagai negara dunia. salah satunya ialah Pesawat N219 dan di kesempatan kali ini kita akan mengulas singkat tentang Keunggulan Pesawat N219 Nurtanio Produksi Indonesia ini.

Baca Juga: Beriev Be-200 Altair Pesawat Multifungsi Produksi Rusia

pesawat ini umumnya digunakan untuk bertugas pada sektor pelayanan angkut penumpang, pesawat logistic militer, pesawat penjaga garis pantai dan sebagainya.

pesawat N219 Nurtanio merupakan pesawat angkut penumpang multi fungsi produksi PT Dirgantara Indonesia, pesawat ini mampu mengangkut sebanyak 19 penumpang.

Keunggulan utama dari N219 Nurtanio yaitu pesawat ini mampu mendarat dan lepas landas dengan jarak yang pendek, sehingga pesawat jenis ini sangat cocok untuk dioperasikan oleh negara-negara kepulauan seperti Filipina, Malaysia, selandia baru dan masih banyak lagi.

N219 Nurtanio sendiri memiliki Kecepatan jelajah maksimum sebesar 389 km per jam dan pada saat mengangkut full penumpang pesawat ini mampu menempuh jarak sejauh 889 kilometer.

Pesawat buatan PT DI ini dibekali dua mesin jenis turboprop produksi Pratt and Whitney PT6A–42 dan masing-masing mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 850 shp.

Selain itu, N219 Nurtanio dikabarkan menjadi pesawat dengan Volume kabin terbesar dikelasnya, serta pintu dari pesawat ini dirancang sefleksibel mungkin agar dapat mempermudah akses keluar masuknya penumpang maupun barang.

Saat ini, Pesawat N219 Nurtanio masih belum dapat diproduksi massal dan harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu.

meski begitu, pesawat ini dikabarkan telah mulai dipesan oleh sejumlah maskapai lokal hingga militer seperti Aviastar Mandiri, Trigana Air Service, Gatari Air Service, Pelita Air Service, Tentara Nasional Indonesia dari matra darat dan laut serta masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengapa Pesawat Paling Jarang Bertabrakan Di Udara?

Kemudian, sejumlah negara juga mulai menunjukan ketertarikannya dan berencana membelinya, kabar ini disiarkan melalui platform milik dephub serta negara-negara tersebut meliputi Turki, Malaysia, Vietnam, hingga China.

Demikianlah pembahasan tentang Keunggulan Pesawat N219 Nurtanio, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top