OH1829 Milik PO Safari Dharma Raya (Sumber Gambar : SinatriaNur_Muh)

Mercedes Benz OH 1829 Sasis Langka Milik PO Safari Dharma Raya

Safari Dharma Raya ialah salah satu PO yang bisa dikatakan memiliki cukup banyak koleksi sasis langka, terlebih lagi beberapa sasis tersebut kemungkinan masih dioperasikan oleh Safari Dharma Raya dan kali ini mari mengenal Mercedes Benz OH 1829 Sasis Langka PO Safari Dharma Raya dengan mesin Model V yaitu OH 1829 (2629).

Baca Juga: Mengenal Bus Antar Lintas Batas Negara

Sasis Mercedes Benz OH 1829 sudah beroperasi melayani beberapa rute perjalanan milik PO Safari Dharma Raya sekitar tahun 2001 dan kabarnya sasis ini merupakan pesanan khusus, dimana OH 1829 tersebut kemungkinan didatangkan secara Impor.

Populasi dari sasis Mercedes Benz OH 1829 di Indonesia juga tidak terlalu banyak dan kemungkinan besar sasis jenis ini hanya dioperasikan oleh PO Safari Dharma Raya, yang mana PO tersebut memiliki kurang lebih sekitar 4 unit.

Armada Bus Milik PO Safari Dharma Raya Berbody Morodadi Prima Dan Dibangun Pada Sasis OH 1829 (Sumber Gambar : Radifta_pratama)
Armada Bus Milik PO Safari Dharma Raya Berbody Morodadi Prima Dan Dibangun Pada Sasis OH 1829 (Sumber Gambar : Radifta_pratama)

Diawal kehadirannya sasis OH 1829 kerap kali dioperasikan untuk melayani rute perjalanan jarak jauh, yang mana memakan waktu perjalanan berhari-hari dan beberapa rute tersebut meliputi Jakarta – Denpasar dan Jakarta – Bima. Disisi lain keistimewaan dari sasis Mercedes Benz OH 1829 terletak pada mesinnya.

Tampilan Dapur Pacu Dari OH 1829 (Sumber Gambar : Enggar Prihananto (Youtube)
Tampilan Dapur Pacu Dari OH 1829 (Sumber Gambar : Enggar Prihananto (Youtube)

OH 1829 sendiri dibekali dengan mesin tipe OM 441 LA berkonfigurasi V6, dimana mesin model tersebut memiliki sebanyak 6 silinder yang terpasang pada dua bagian yang berbeda dan masing-masing bagian terdapat 3 silinder.

Selain itu sasis OH 1829 juga telah disematkan dengan turbo intercooler yang membuat mesin akan lebih responsif dan bertenaga, dimana untuk powernya sendiri mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 290 HP, serta menjadikannya salah satu sasis dengan tenaga terbesar kala itu.

Selanjutnya tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang dikendalikan secara elektrik, dan kabarnya sasis milik PO Safari Dharma Raya tersebut juga telah dimodifikasi.

Baca Juga: Foxconn Akan Bangun Pabrik Bus Listrik Di Indonesia

sehingga memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar 26 ton, Oleh karena itu maka sasis milik Safari Dharma Raya sering disebut sebagai OH 2629.

Tidak hanya itu, Mercedes Benz OH 1829 juga telah dibekali Air Suspension untuk mendukung kenyamanan penggunanya, dan pada sistem pengeremannya sasis tersebut mengandalkan fitur Retarder, Intarder, dan ABS.

Bagaimana Menurut Sahabat Transport Tentang Mercedes Benz OH 1829 Sasis Langka PO Safari Dharma Raya?, Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top