Mengenal Sasis Produksi Golden Dragon Seri XML6127D53

Tampilan bus bersasis Golden Dragon Seri XML6127D53 milik PO SAN (GAMBAR : Hisyam_2542 (Instagram)

Pada artikel kali ini mari Mengenal Sasis Produksi Golden Dragon Seri XML6127D53, yang mana Saat ini mungkin kita sudah menyadari bahwa produk-produk buatan Tiongkok sudah sangat banyak beredar.

tak terkecuali pada industri otomotif yang sampai saat ini kita bisa melihat terdapat beberapa merek mobil asal Tiongkok sudah masuk ke Indonesia.

Selain mobil, ada banyak kendaraan berat produksi Tiongkok yang saat ini juga mulai mendominasi sektor industri dan pertambangan.

Baca Juga: Mengenal Singkat Perusahaan Otobus Lorena Dan Karina

lalu yang menjadi pertanyaan bagaimana perjalanan perusahaan otomotif Tiongkok di sektor kendaraan komersial bus di Indonesia?.

Jika melihat kebelakang produk bus buatan Tiongkok bukanlah barang baru di tanah air, mengingat pada tahun 90-an kabarnya perusahaan transportasi plat merah yaitu DAMRI sempat mendatangkan bus gandeng produksi Tiongkok ke Indonesia.

Meski begitu bus ataupun sasis bus produksi negeri tirai bambu tersebut belum begitu diminati oleh pengusaha transportasi tanah air.

yang mana saat ini hanya ada beberapa perusahaan kendaraan bus dan sasis asal Tiongkok saja yang produknya sampai saat ini terlihat masih beroperasi dan dengan catatan populasinya juga terbatas. Dimana salah satu merek tersebut ialah Golden Dragon.

Golden Dragon merupakan salah satu pabrikan kendaraan komersial asal Tiongkok Yang sampai saat ini produknya masih terlihat digunakan oleh cukup banyak perusahaan otobus di Indonesia.

Perusahaan jasa transportasi tersebut meliputi Siliwangi Antar Nusa, Gunung Harta, Menggala, Mec Holiday, EPA Star, dan sebagainya.

Salah satu model sasis produksi Golden Dragon yang masuk ke Indonesia ialah seri XML6127D53, yang mana sasis model ini telah diluncurkan ke publik pada akhir tahun 2011.

dan kehadirannya kala itu menjadi sorotan mengingat sasis ini telah dibekali fitur selayaknya sasis produksi Eropa, namun dibandrol dengan harga yang terbilang miring.

Sehingga hal ini mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat sasis XML6127D53 produksi Golden Dragon kala itu cukup banyak dibeli oleh sejumlah perusahaan transportasi tanah air.

Secara spesifikasi sasis Golden Dragon XML6127D53 yang masuk ke Indonesia telah dibekali mesin diesel tipe YC6L 330-30 (Euro 3), enam silinder segaris berkapasitas 8.424 cc produksi Yuchai, Tiongkok.

dan mesin model ini mampu menghasilkan tenaga hingga 330 Hp dengan torsi mencapai 1280 Nm (1400 Rpm) pada putaran mesin 2200 Rpm.

Disamping itu soal konsumsi bahan bakar sasis bus Golden Dragon XML6127D53 ini terbilang irit, yang mana 1 liter solar dapat untuk menempuh jarak sekitar 3 sampai 5 kilometer tergantung karakter pengemudi.

dan bus dengan sasis model ini terbilang stabil saat bermanuver di jalan pada kecepatan yang terbilang tinggi.

Sedangkan untuk Fitur keselamatan dan kenyamanannya, sasis bus Golden Dragon XML6127D53 telah dibekali oleh sistem Anti-lock Braking System (ABS) dan Retarder.

Dimana kedua fitur ini memiliki peran yang begitu penting serta fitur tersebut juga sering terpasang pada sejumlah kendaraan komersial pabrikan Eropa.

Selanjutnya sasis Golden Dragon seri XML6127D53 juga merupakan sasis bus tipe space frame, yang mana sasis dengan model konstruksi tersebut memiliki cukup banyak keunggulan, yang mana salah satu keunggulannya terletak pada kapasitas angkut bagasi yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Model Bus Dan Sasis Produksi MAN Di Indonesia

Disamping itu juga sasis seri XML6127D53 produksi Golden Dragon ini kala itu dibandrol dengan harga yang terbilang miring jika dibandingkan dengan model sasis produksi Eropa dengan spesifikasi dan fitur serupa. Yang mana untuk harganya sendiri saat itu berkisar Rp. 700 Juta-an.

Walaupun dibandrol dengan harga yang kompetitif dengan spesifikasi yang premium, namun lagi-lagi populasi dari sasis tersebut tidak begitu banyak terlihat.

itu dia pembahasan tentang Mengenal Sasis Produksi Golden Dragon Seri XML6127D53, dan kunjungi juga digitalototransport.com untuk mengetahui perkembangan transportasi baik dalam maupun luar negeri.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top