Mengenal Body Scorpion King Produksi Tentrem

Tampilan bus model Scorpion King milik PO Harapan Jaya Bersasis Scania (Gambar : Harjay Mania)

Kali ini mari kita Mengenal Body Scorpion King Produksi Tentrem, yang mana Sudah sejak lama Inspirasi dalam memproduksi kendaraan beberapa karoseri bus di Indonesia mengarah ke benua Eropa.

Dimana memang benua tersebut menjadi salah satu trend setter para pecinta otomotif baik kendaraan motor, mobil, hingga kendaraan besar seperti bus.

Di samping itu dari cukup banyaknya karoseri bus yang ada di Indonesia, Tentrem menjadi salah satu karoseri yang sering meluncurkan model bus bernuansa Eropa.

dimana salah satu model bus rancangannya yang kental dengan nuansa bus di benua biru tersebut ialah bus model Scorpion King.

Baca Juga: Mengenal Sasis Produksi Golden Dragon Seri XML6127D53

Scorpion King merupakan salah satu model bus produksi karoseri Tentrem yang diluncurkan pada tahun 2010-an, yang mana diawal kehadirannya model bus ini mendapatkan respon baik dari para pengguna dan pelaku bisnis transportasi kala itu. Sehingga bus model Scorpion King digunakan oleh banyak perusahaan otobus di Indonesia.

Kemudian kabarnya Harapan Jaya ialah perusahaan otobus pertama yang menggunakan bus model Scorpion King, sekaligus menjadi PO yang paling banyak mengoperasikan bus model tersebut.

dan tidak sedikit juga kita melihat unit bus berbody Scorpion King milik PO asal Tulungagung ini terpasang pada sasis premium produksi Eropa.

Dimana salah satu varian sasis Eropa tersebut ialah seri K380IB produksi Scania. Selain itu meski bus model Scorpion King ini dirancang untuk segmentasi sasis bus bermesin belakang.

namun karoseri yang berpusat di malang ini (Tentrem) juga tetap menerima pesanan bus Scorpion King versi mesin depan.

sehingga Tentrem selaku produsen melakukan sejumlah penyesuaian terhadap tampilan depan dan belakangnya serta berikut tampilannya.

Tampilan Scorpion King Bermesin Depan Produksi Karoseri Tentrem (GAMBAR : Expertofsomething (Blog)
Tampilan Scorpion King Bermesin Depan Produksi Karoseri Tentrem (GAMBAR : Expertofsomething (Blog)

Meski begitu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas terlebih dahulu mengenai desain dari bus mode Scorpion King versi mesin belakangnya, dimana varian tersebut menjadi yang paling laris di pasaran dibandingkan varian mesin depannya.

Tampilan Depan Dari Scorpion King (Gambar : Adit Prahera (Flickr)
Tampilan Depan Dari Scorpion King (Gambar : Adit Prahera (Flickr)

Secara tampilan eksterior Tentrem selaku produsen merancang bus model Scorpion King ini mungkin terinspirasi dari Scania Touring, yang mana bahasa desain kedua model bus tersebut bisa dikatakan hampir serupa.

namun karoseri yang berpusat di Malang ini memiliki caranya tersendiri untuk tampil berbeda dengan karakter desain khas Tentrem.

Selain itu bagian sistem udara sekaligus pendingin kabin bus telah dirancang sedemikian rupa, yang mana bagian tersebut sering kali kita sebut sebagai punuk.

dan punuk yang terpasang pada model bus Scorpion King ini justru meningkatkan kesan tampilan bus estetik pada bagian atap bus.

Baca Juga: Mengenal Singkat Perusahaan Otobus Lorena Dan Karina

dimana konsep ini juga pernah diaplikasikan oleh Tentrem pada model bus Galaxy Series yang telah lebih dulu hadir.

Kemudian pada tampilan depannya, Tentrem selaku produsen juga mengaplikasikan kembali konsep spion yang terpasang pada bagian atap depan bus, dan konsep ini kala itu telah lebih dulu digunakan bus model Galaxy Series produksi karoseri Tentrem.

Meski begitu model spion ini justru semakin meningkatkan kesan tampilan estetik, sekaligus ciri khas dari body Scorpion King. Dan secara keseluruhan tampilan depan dari Scorpion King terlihat lebih sporty dieranya.

Tampilan Samping Dari Bus Model Scorpion King Produksi Karoseri Tentrem (Gambar : FotoBusID (Twitter)
Tampilan Samping Dari Bus Model Scorpion King Produksi Karoseri Tentrem (Gambar : FotoBusID (Twitter)

Beralih ke tampilan samping dari bus model Scorpion King, dimana pada bagian ini Tentrem lebih mengedepankan sudut pandang penumpang bus ketimbang tampilan.

yang mana hal ini terlihat dengan tidak adanya fitur selendang dan penggunaan kaca berdimensi Panjang serta lebar.

Sehingga dapat memberikan pengalaman perjalanan yang berkesan kepada penggunaanya. Tidak hanya itu, tampilan rumah roda pada bus model Scorpion King ini juga tidak berbentuk bulat selayaknya desain rumah roda pada umumnya.

dimana hal ini sepertinya terinspirasi dari konsep rumah roda yang diaplikasikan pada model bus Scania Touring.

Sehingga kita bisa melihat kedua model bus ini memiliki desain rumah roda yang cenderung berbentuk segi-empat atau kotak.

Tampilan Belakang Dari Body Scorpion King Milik PO Shantika (Gambar : Fastrans22 (Blog)
Tampilan Belakang Dari Body Scorpion King Milik PO Shantika (Gambar : Fastrans22 (Blog)

Disamping itu pada bagian belakang dari bus model Scorpion King ini juga terlihat begitu tinggi dan berkarakter, dimana model lampu belakang, desain kap mesin, kisi-kisi udara ruang mesin hingga desain kaca serta model bumper belakangnya terlihat begitu senada dan enak dipandang.

Baca Juga: 5 Model Bus Dan Sasis Produksi MAN Di Indonesia

Bagaimana menurut Kamu setelah Mengenal Body Scorpion King Produksi Tentrem ini, dan Perusahaan otobus mana saja yang masih menggunakannya?.

Itu dia pembahasan mengenai bus model Scorpion King produksi karoseri Tentrem, dan Kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top