Mengenal Pesawat Jumbo Jet Boeing 747 Series

Penampakan Boeing 747 seri 100 yang sedang melakukan penerbangan perdananya (Gambar : businessinside)

Kali ini mari Mengenal Pesawat Jumbo Jet Boeing 747 Series, dimana Pesawat merupakan salah satu moda transportasi dengan estimasi waktu perjalanan yang terbilang singkat.

dan dari banyaknya perusahaan produsen pesawat di dunia, hanya ada beberapa perusahaan saja yang mampu memproduksi pesawat dengan dimensi yang besar.

Salah satu pabrikan pesawat tersebut ialah Boeing dengan salah satu model pesawat berbadan besar produksinya ialah Boeing 747 atau biasa dikenal juga sebagai B747 series.

Yang mana pesawat model tersebut bisa dikatakan cukup banyak diminati oleh perusahaan penerbangan dunia dan beberapa maskapai yang saat ini masih terlihat menggunakan pesawat Boeing 747 meliputi Qatar Airways, Lufthansa, All Nippon Airways, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kenapa Bandara Internasional Soekarno Hatta Di Sebut CGK

Boeing 747 sendiri pertama kali diperlihatkan ke publik oleh Boeing pada 30 September 1968 dan setahun setelah itu tepatnya pada tahun 1969, Boeing 747 resmi mengudara untuk pertama kalinya atau First Flight.

Pesawat yang sering dijuluki sebagai “Queen of the Skies” ini merupakan salah satu pesawat berdimensi besar yang sampai saat ini masih aktif beroperasi, dan faktanya Boeing 747 juga saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Meski begitu, Boeing selaku produsen telah melahirkan cukup banyak varian dari Boeing 747 baik diproduksi secara massal ataupun pesanan khusus.

VC-25 Air Force One (Gambar : US Airforce)
VC-25 Air Force One (Gambar : US Airforce)

B 747-200B merupakan salah satu varian pesawat dari seri Boeing 747 varian 200, dimana Boeing pernah memproduksi varian 200B dengan spesifikasi yang sangat canggih dan pesawat tersebut saat ini digunakan pada layanan Air Force One.

Air Force One sendiri merupakan kode panggilan resmi untuk pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat yang membawa presiden Amerika Serikat.

dimana salah satu model pesawat yang digunakan pada layanan tersebut ialah Boeing seri 747-200B varian khusus atau lebih dikenal sebagai VC-25.

VC-25 ialah sebuah pesawat yang dirancang khusus dengan kemampuan dan teknologi canggih, dimana pesawat model ini dapat terbang hingga sejauh 12.552 kilometer dengan kecepatan mencapai 1.000 kilometer/jam.

Sedangkan untuk dimensinya sendiri VC-25 memiliki tinggi 19,3 meter, panjang badan pesawat 70,7 meter, dan bentang sayap 59,6 meter.

Potret Boeing 747 Milik NASA Saat Membawa Pesawat Ulang-Alik (Gambar : NASA)
Potret Boeing 747 Milik NASA Saat Membawa Pesawat Ulang-Alik (Gambar : NASA)

Selain pesawat canggih tersebut, lagi-lagi pesawat produksi Boeing seri 747 menunjukan kebolehannya, yang mana NASA lebih memilih Boeing seri 747-100 dibandingkan Lockheed C-5 Galaxy untuk mengemban misi sebagai pesawat pengangkut pesawat Ulang alik milik NASA.

Namun taukah kamu bahwa pesawat tersebut tidak diproduksi langsung oleh Boeing untuk NASA, yang mana dalam hal ini NASA membeli pesawat bekas dari maskapai American Airlines.

Baca Juga: 5 Maskapai Dengan Jumlah Pesawat Terbanyak Di Indonesia

Kemudian NASA memodifikasi pesawat tersebut sedemikian rupa agar dapat memobilisasi pesawat Ulang alik miliknya.

selain varian 747-100, NASA juga melakukan hal serupa kepada pesawat Boeing 747SR yang dibelinya dari Japan Airlines.

Untuk mengenal lebih jauh seputar pesawat Boeing 747, maka kami akan mengajak kamu untuk Mengenal Pesawat Jumbo Jet Boeing 747 Series beserta penjelasannya.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top