5 Maskapai Dengan Jumlah Pesawat Terbanyak Di Indonesia

Tampilan Pesawat Lion Air Sedang Berbaris Menunggu Jadwal Pemberangkatan (Gambar: inilahcom)

Kali ini Kami Ingin Mengajak Kamu Untuk Melihat 5 Maskapai Dengan Jumlah Pesawat Terbanyak Di Indonesia Berdasarkan Kesiapan Operasionalnya Pada Bulan Maret 2023 Dan Didukung Oleh Data Dari Rapat Direktorat Kelaikudaraan Dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Yang Kami Kutip Dari Bisnis Media.

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang banyak digemari, dimana salah satu keunggulan yang dimilikinya ialah waktu tempuh perjalanan yang tidak begitu lama dibandingkan moda transportasi lainnya.

Baca Juga: 4 Pesawat Buatan Indonesia Yang Diminati Dunia

Meski begitu taukah kamu bahwa tidak semua maskapai memiliki rute perjalanan yang banyak alias terbatas, dimana hal tersebut bisa jadi karena jumlah armada pesawatnya yang tidak begitu banyak. Baik langsung saja kita bahas ada maskapai apa saja dengan jumlah armada terbanyak di Indonesia.

1. LION AIR Jumlah: 110 Pesawat

Lion Air menjadi maskapai dengan jumlah pesawat siap operasional terbanyak di Indonesia saat ini (maret 2023), yang mana maskapai tersebut memiliki sebanyak 86 pesawat siap operasional dan memiliki sekitar 24 pesawat yang sedang menjalani tahap pengecekan maupun perbaikan.

Dengan angka tersebut membuat Lion Air dalam sehari dapat melayani sebanyak 226 penerbangan dengan rute tujuan ke lebih dari 36 destinasi.

2. BATIK AIR Jumlah: 67 Pesawat

Posisi kedua masih ditempati oleh anak usaha dari Lion Air yaitu Batik Air, dimana maskapai tersebut saat ini mempunyai sebanyak 63 unit pesawat berbagai model yang siap beroperasi dan terdapat sekitar 4 pesawat yang sedang menjalani sistem perawatan berkala.

Disamping itu maskapai yang telah berdiri sejak tahun 2013-an tersebut saat ini telah melayani sebanyak 300 penerbangan tiap harinya dengan menghubungkan ke lebih dari 44 tujuan penerbangan.

3. GARUDA INDONESIA Jumlah: 54 Pesawat

Garuda Indonesia menjadi maskapai ke tiga dengan jumlah pesawat siap beroperasi terbanyak di Indonesia, yang mana perusahaan plat merah tersebut saat ini memiliki sebanyak 54 Pesawat siap terbang.

Disamping itu meski sering diterpa isu akan bangkrut, maskapai kebanggaan masyarakat Indonesia ini masih sanggup bertahan dan bangkit dari keterpurukannya.

sehingga saat ini Garuda Indonesia melayani sebanyak 600 penerbangan per hari dengan tujuan penerbangan ke lebih dari 90 destinasi di seluruh Indonesia dan dunia.

4. WINGS AIR Jumlah: 50 pesawat

Di posisi ke empat ada maskapai Wings Air, yang merupakan sebuah maskapai penerbangan domestik yang berada di bawah naungan Lion Air Group, dan saat ini maskapai tersebut mengoperasikan sebanyak 50 pesawat siap terbang.

Yang mana dari angka tersebut Wings Air terlihat lebih banyak mengoperasikan pesawat produksi Prancis – Italia yaitu Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de transport regional (ATR). dimana untuk model yang dioperasikan olehnya berjenis ATR 72–500, dan ATR 72–600.

5. CITILINK Jumlah: 48 pesawat

Selanjutnya ada Citilink yang merupakan salah satu maskapai bertarif rendah atau lebih dikenal sebagai Low Cost Carrier (LCC) Di Indonesia.

Maskapai ini termasuk kedalam anak usaha dari Garuda Indonesia, dimana maskapai tersebut resmi berdiri pada tahun 2001.

Kini Citilink telah mengoperasikan kurang lebih sebanyak 48 unit pesawat berbagai varian yang siap beroperasi dan menjadikannya sebagai maskapai ke 5 dengan jumlah pesawat siap beroperasi terbanyak di Indonesia.

Disamping itu soal pelayanan banyak yang menyebutkan bahwa Citilink menjadi maskapai Low Cost Carrier (LCC) dengan pelayanan terbaik di Indonesia saat ini.

Baca Juga: 10 Pesawat Jet Pribadi Termahal Di Dunia

Selain itu pilot dari maskapai ini juga terbilang memiliki jam terbang yang tinggi sehingga pada saat kamu menaiki pesawat tersebut dan mendarat, maka gucangan selama pendaratan akan sangat minim kamu rasakan.

Itulah 5 Maskapai Dengan Jumlah Pesawat Terbanyak Di Indonesia, dan dari kelimanya adakah yang sering kamu naiki?.

Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar, serta kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar perkembangan transportasi baik dalam maupun luar negeri.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top