Mengenal Maskapai Pelita Air Service

Airbus A320 Milik Maskapai Pelita Air Service (Sumber Gambar/Dok Pelita Air)

Pelita Air Service atau biasa disingkat menjadi PAS ialah anak usaha dari Pertamina yang merupakan salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

PT Pelita Air Service didirikan sejak tahun 1963 yang bermula saat Pertamina mendirikan divisi pelayanan transportasi udara yang diberi nama Pertamina Air Service untuk mendukung mobilitas karyawan.

Seiring berjalannya waktu, Pada tanggal 24 Januari 1970 divisi tersebut resmi dipisah menjadi sebuah perusahaan tersendiri dengan nama “PT Pelita Air Service”.

Pelita Air merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi udara dengan sistem sewa untuk industri gas dan minyak di Indonesia.

Di tahun 1987, Pelita Air melebarkan sayapnya dan mendirikan sebuah perusahaan baru dibidang pemeliharaan pesawat yang diberi nama PT Indopelita Aircraft Services (IAS).

Pelita Air juga sempat menyediakan layanan penerbangan berjadwal yang diberi nama “Pelita Air Venture”, namun Pelita Air Venture harus berhenti beroperasi.

Baca Juga: Mengenal Maskapai Garuda Indonesia

Hal tersebut dikarenakan kuatnya sistem persaingan pada sistem penerbangan berjadwal sehingga ditahun 2005 Pelita Air Venture resmi ditutup.

Di tahun 2016 Pelita Air Service Kembali melakukan ekspansi bisnisnya dengan membuka layanan jasa pengangkutan bahan bakar minyak serta ditahun itu juga Pelita Air membentuk Strategic Business Unit (SBU) Bandara yang bertugas mengelola bandara-bandara milik Pertamina dan ditahun 2019 SBU Bandara mulai mengelola sebanyak tiga bandara milik Pertamina.

yakni Bandar Udara Pondok Cabe, Bandar Udara Pinang Kampai, dan Bandar Udara Warukin. Serta ditahun 2021 kabarnya Maskapai Plat merah tersebut akan Kembali melayani penerbangan berjadwal serta digadang-gadang akan menggantikan Maskapai Garuda Indonesia.

Baca Juga: Sederet Pesawat Terbesar Didunia Yang Pernah Dibuat Manusia

Saat ini Pelita Air memiliki sebanyak 24 armada yang mayoritas didominasi oleh Helikopter dan Pesawat berbadan sedang. Serta di tahun 2021 Pelita Air memulai penerbangan perdana berjadwalnya dari Jakarta menuju Bali menggunakan Pesawat buatan Airbus tipe A320.

Nah itulah pembahasan singkat tentang pelita air, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top