Mengenal Fungsi Penggunaan Partisi Atau Sekat Pada Armada Bus

Pada transportasi bus terdapat dua ruang yang meliputi kabin pengemudi dan kabin penumpang yang biasanya dipisahkan oleh ketinggian antara kabin pengemudi dan penumpang. Kali ini mari kita Mengenal Fungsi Partisi Atau Sekat Pada Armada Bus Indonesia.

Penggunaan sekat atau partisi pada bus memiliki beberapa fungsi yang cukup penting, sehingga dapat meningkatkan kualitas keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan partisi pada sebuah bus?

1. Meningkatkan Konsentrasi Pengemudi

Seorang pengemudi kendaraan dengan dimensi yang besar membutuhkan konsentrasi berkendara yang lebih extra.

sehingga dengan adanya sekat pemisah antara kabin penumpang dengan kabin kemudi dapat mencegah terjadinya perbincangan yang tidak diperlukan antara pengemudi dengan penumpang.

Hal ini tentu dapat mengakibatkan turunnya daya konsentrasi dari pengemudi itu sendiri yang dapat menyebabkan daya respon semakin melemah.        

2. Menjaga Kenyamanan Penumpang

Keamanan dan kenyamanan penumpang merupakan sebuah tanggung jawab utama dari penyedia layanan transportasi bus.

Baca Juga: Mengenal Chasis Bus Terbaru Hino R280 Dengan Standar Emisi Euro 4

belakangan ini kerap kali perusahaan otobus di Indonesia menyematkan partisi atau sekat pemisah antara kabin penumpang dengan pengemudi yang bertujuan untuk menjaga privasi dari penggunanya sehingga penumpang bus menjadi lebih nyaman.

Selain itu dengan penggunaan sekat partisi pengemudi dapat merokok dan tidak mengganggu kenyamanan penumpangnya, walau sebenarnya merokok didalam bus ber AC tidak diperkenankan kecuali pada Smoking Room atau ruangan perokok.

3. Mencegah Terjadinya Tindak Kejahatan

Sebuah tindakan kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu, mungkin saat ini belum terjadi sebuah insiden pembajakan bus yang kerap kali menimpa suatu negara. 

Baca Juga: Mengenal Chasis Bus Trintin buatan Volkswagen 

Namun alangkah lebih baik untuk melakukan sebuah inovasi yang dapat mencegah tindakan tersebut, Inovasi yang saat ini dapat dipergunakan ialah penggunaan partisi pemisah antara kabin penumpang maupun pengemudi. 

Hal tersebut dikarenakan ruang kemudi menjadi pusat kendali suatu kendaraan yang apabila berhasil dikuasai oleh orang yang tidak bertanggung jawab dapat merugikan banyak pihak.    

Itulah pembahasan tentang Mengenal Fungsi Partisi Atau Sekat Pada Armada Bus Indonesia, dan nantikan informasi transportasi lainnya hanya di digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top