Mengapa Bus Indonesia Belum Menggunakan Power Window?

Tampilan ruang kemudi dari Legacy SR3 (Sumber Gambar/Instagram/mfa_transportation)

Mengapa Bus Indonesia Belum Menggunakan Power Window pada bagian kaca pengemudinya? hal ini tentu menjadi pertanyaan yang menarik, pasalnya penerapan teknologi pada bus sudah mulai diadopsi dan dikembangkan oleh perusahaan karoseri bus di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Terminal Bus Poris Plawad Tangerang

Power Window sendiri merupakan hal yang sering kamu gunakan untuk menaikan maupun menurunkan kaca pada pintu kendaraan seperti mobil.

teknologi Power Window dibuat agar dapat mempermudah pengemudi dalam mengatur kaca yang terletak pada sisi kiri dan kanan pada body kendaraan.

Fitur ini paling banyak ditemui hampir pada setiap merek dan tipe mobil, lalu balik ke pertanyaan mengapa fitur Power Window masih belum atau jarang digunakan pada bus Indonesia?

Biaya perawatan tentu akan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan, Suatu teknologi yang disematkan pada kendaraan tentunya memerlukan sistem perawatan agar tidak mudah rusak. Hal ini tentu akan meningkatkan biaya perawatan dari kendaraan itu sendiri walaupun tidak sampai jutaan.

Dengan adanya biaya lebih pada sistem perawatannya tentu pihak konsumen dalam hal ini perusahaan otobus akan lebih tertarik menggunakan kaca geser karena dinilai lebih simpel dan praktis.

Selain biaya perawatan, karoseri selaku produsen kendaraan bus juga harus mengeluarkan anggaran untuk melakukan penelitian dan pengembangan dari fitur ini serta akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Meski begitu bukan berarti belum ada karoseri bus yang menerapkan fitur Power Window pada produknya.

Baca Juga: Navigator Body Bus Medium Produksi Karoseri Tentrem

Saat ini baru karoseri Laksana yang menerapkan fitur Power Window pada produk bus terbarunya yaitu Legacy SR3 yang diperkenalkan pada ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

nah itu dulu pembahasan singkat tentang Bus Indonesia Belum banyak yang Menggunakan Power Window, dan kami berharap akan semakin banyak bus yang menggunakan power window karena akan terlihat semakin elegan.

bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top