Tampilan bus Neoplan produksi karoseri Adiputro yang digunakan oleh PO Safari Dharma Raya atau OBL (Sumber Gambar/oblmania_)

Kiprah Bus Monokok Di Indonesia

Sejarah Singkat Body Bus Monokok Produksi Karoseri Adiputro

Karoseri Adiputro pertama kali memproduksi bus dengan konsep Monokok pada tahun 1990-an. Pada saat itu Karoseri Adiputro mendapatkan lisensi dari produsen bus asal negara Jerman yaitu Neoplan dan nama Neoplan sendiri dijadikan nama dari produk body bus dengan konsep monokok dari karoseri Adiputro.

Selain itu body Neoplan produksi karoseri Adiputro juga telah menyematkan fitur suspensi udara dan menjadi salah satu yang pertama memakai Suspensi udara Di Indonesia.

Baca Juga: Yuk Kenalan Dengan Pabrikan Kendaraan Scania AB

Dengan konsep body dan chasis yang menjadi satu membuat tampilan ground clearance pada bus tersebut menjadi rendah atau ceper.

Tampilan Jetbus Transit Produksi Karoseri Adiputro (Sumber Gambar/Adiputro)
Tampilan Jetbus Transit Produksi Karoseri Adiputro (Sumber Gambar/Adiputro)

Bus dengan konsep Monokok tersebut juga kembali diterapkan dan dikembangkan pada salah satu produk bus buatan Karoseri Adiputro.

Produk tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu Jetbus Transit yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021 lalu dan Jetbus Transit sendiri masih menjalani tahap pengembangan serta uji coba hingga saat ini (2022).

Baca Juga: Inovasi Bus Sleeper Baru Dari Juragan 99 Trans

Begitulah pembahasan singkat tentang Kiprah Bus Monokok Di Indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top