Kelebihan Dan Kekurangan Bus Dengan Kaca Tunggal (Single Glass)

Tampilan bus single dan double glass (sumber gambar/autofun/twitter/hrtattoo505)

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Dengan Kaca Tunggal (Single Glass) akan kita bahas pada kesempatan kali ini, dimana Sejak akhir tahun 2021 hingga saat ini (2022) trend penggunaan kaca tunggal atau Single Glass pada bus kembali populer dan kian masif meskipun menuai pro dan kontra dikalangan pecinta bus tanah air.

Namun nyatanya populasi bus single glass semakin banyak bahkan beberapa perusahaan otobus sudah mulai melakukan perubahan tampilan pada bagian depan bus miliknya dari yang tadinya double glass menjadi single glass.

Bus dengan “kaca tunggal” memang terkesan seperti Kembali lagi ke era dimana bus hanya menggunakan satu kaca pada bagian depannya dan terkesan kurang modern, sehingga banyak pengguna transportasi bus kurang mengetahui bahwasannya model bus tersebut merupakan desain body terbaru.

Baca Juga: Apa Keunggulan Bus Dan Truck dengan Pelek Aluminium

Sedangkan apabila bus tersebut menggunakan “Kaca Ganda” penumpang bus akan langsung mengenali bahwasannya armada yang mereka naiki merupakan armada dengan desain body terbaru.

walaupun banyak bus keluaran lama yang kemudian di Facelift menggunakan desain depan dan belakang dari body bus terbaru sehingga terkesan lebih fresh.

Terlepas dari tampilan desain eksterior, trend penumpang transportasi bus yang mulai menginginkan bus dengan kaca tunggal kian meningkat.

Tampilan Bus Single Glass Milik PO San Yang Dibalut Body Legacy Sr2 Panorama (Sumber Gambar/Instagram/Arya.P.Pratama.)
Tampilan Bus Single Glass Milik PO San Yang Dibalut Body Legacy Sr2 Panorama (Sumber Gambar/Instagram/Arya.P.Pratama.)

Hal tersebut dikarenakan bus dengan kaca tunggal memiliki pandangan yang sedikit lebih luas ke arah depan bus atau jalan, sedangkan pada bus dengan kaca ganda biasanya pilar yang digunakan untuk menyanggah kaca bagian atas dengan kaca bagian bawah cukup menutupi pandangan penumpang.

Belum lagi sejumlah armada bus yang mengenakan aksesoris yang begitu padat pada bagian depannya baik itu stiker, strobo, boneka maupun aksesoris lainnya. Walaupun dibalik penggunaan sejumlah aksesoris pastinya terdapat fungsi yang tersirat didalamnya.

Baca juga: Bus Dengan Transmisi Manual Vs Automatic Berikut Penjelasannya

Terlepas dari hal diatas, nyatanya bus dengan kaca single umumnya memiliki kekurangan juga sama halnya dengan kaca ganda.

Tampilan Kabin Bus Legacy Sr2 Panorama Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Instagram/Laksanabus)
Tampilan Kabin Bus Legacy Sr2 Panorama Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Instagram/Laksanabus)

Pengemudi bus dengan kaca single sering kali merasakan cahaya matahari yang berlebih atau Silau pada saat mengemudikan busnya, sehingga biasanya karoseri bus akan menyediakan sun visor pada bagian sisi kaca pengemudi yang berguna untuk menghalangi cahaya matahari yang berlebih.

Dan lagi-lagi pastinya juga akan menghalangi pandangan penumpang bus bagian kanan, namun hal itu demi keselamatan penumpang bus juga.

Baca juga: Bus Bermesin Depan,Tengah, Dan Belakang Mana Yang Lebih Baik

Selain itu biasanya pengemudi bus juga mengenakan kaca mata hitam untuk meredam cahaya matahari. Namun jika kita membahas perkembangan desain body bus maupun teknologi pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan dibaliknya.

Demikianlah pembahasan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Bus Dengan Kaca Tunggal (Single Glass), bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top