Inilah Arti Dibalik Nama Produk Body Bus Indonesia

Tampilan Emblem Jetbus pada body bus produksi karoseri Adiputro (Sumber gambar/Gridoto/Radityo Herdianto)

Nama Produk Body Bus Indonesia memiliki arti tersendiri yang merupakan identitas dasar dari sebuah nama produk yang mana Nama brand atau produk merupakan sebuah identitas yang bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam mengenali suatu brand maupun produk.

Meski hal ini terkesan simple namun nyatanya nama sebuah brand yang unik dan simple dapat berpengaruh penting pada Brand Awerness.

Baca juga: Mercedes Benz OH 1626 Salah satu chasis bus primadona di Indonesia

maka dari itu banyak merek ataupun produk yang ada saat ini menggunakan istilah unik termasuk penamaan produk body bus. Berikut beberapa Arti dibalik nama produk body bus Indonesia

Pertama, AVANTE SERIES

Tampilan Body Bus Avante Produksi Karoseri Tentrem Yang Dibangun Diatas Chasis Scania (Sumber Gambar/ Karoseritentrem)
Tampilan Body Bus Avante Produksi Karoseri Tentrem Yang Dibangun Diatas Chasis Scania (Sumber Gambar/ Karoseritentrem)

Avante merupakan nama dari salah satu body bus andalan karoseri Tentrem, dengan desain body yang aerodinamis serta tampilan bus yang istimewa membuat produk body bus ini banyak digunakan oleh operator bus Indonesia.

lalu apa arti unik dibalik nama Avante Series dan apa arti dari huruf H maupun D yang terletak dibelakang nama Body Avante?

Nama “Avante” sendiri merupakan akronim dari AdVANce TEchnology, yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “teknologi maju” atau “kemajuan teknologi”.

Sehingga body bus yang diproduksi oleh karoseri ini menyesuaikan perkembangan era industri baik dalam maupun luar negeri.

Hal ini sejalan dengan tampilan body bus produksi karoseri tentrem yang sangat aerodinamis dan fungsional dengan desain tampilan body yang cukup kekinian.

Baca juga: Mengenal Singkat Body Jetbus Produksi Karoseri Adiputro

selain “Avante” terdapat huruf H maupun D yang diletakan pada bagian belakang nama body avante.

Seri H7 sampai H9 sendiri merupakan kategori tinggi body big bus buatan karoseri tentrem. Sebagai contoh Avante H7 artinya Hight 3,7 Meter begitu juga dengan H8, hingga H9.

Sedangkan Seri D ialah kode body bus model Double Decker maupun UHD yang kerap kali dipasangkan pada chasis bus tipe tronton dengan GVW lebih dari 16 TON atau sekitar 18-22 ton.

Kedua, JETBUS Series

Tampilan Body JETBUS Generasi 2+ SHD Produksi Karoseri Adiputro (Sumber Gambar/Flickr/Reeza1508)
Tampilan Body JETBUS Generasi 2+ SHD Produksi Karoseri Adiputro (Sumber Gambar/Flickr/Reeza1508)

Bagi para pencinta dunia transportasi bus pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama dan arti dari body bus yang satu ini. Awalnya kehadiran body bus ini menggunakan emblem Royal Coach.

Emblem Royal Coach sendiri telah digunakan oleh sejumlah body bus produksi karoseri Adiputro, salah satu diantaranya ialah body Marcopolo yang merupakan body bus yang cukup fenomenal kala itu.

Seiring berjalannya waktu dengan beragam faktor yang ada maka karoseri adiputro mengubah nama body bus ini dan mengganti emblem Royal Coach menjadi JETBUS.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Optimis Dengan Kendaraan Listrik Produksinya

Jetbus sendiri berasal dari nama keluarga Jethrokusumo yang merupakan keluarga dari pendiri karoseri Adiputro Yaitu Andreas Jethrokusumo, Jesse Jethrokusumo dan David Jethrokusumo.

Selain 3 huruf awal yang diambil dari nama keluarga pendiri karoseri, kata BUS juga disisipkan untuk mengkategorikan body tersebut sehingga dapat mempermudah konsumen dalam memesan maupun mengenali body tersebut.

Ketiga, Legacy SR

Tampilan Body Bus Legacy SR2 HD Prime Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Karoseri Laksana)
Tampilan Body Bus Legacy SR2 HD Prime Produksi Karoseri Laksana (Sumber Gambar/Karoseri Laksana)

Nama body bus ini terbilang unik karena terdapat makna tersirat dibalik nama body bus tersebut, Legacy sendiri merupakan sebuah nama identitas dari produk bus andalan Laksana yang menurut Export Manager Karoseri Laksana, nama Legacy hanya penamaan merek pada umumnya yang artinya bukan singkatan ataupun memiliki kepanjangan.

Legacy sendiri memiliki arti Warisan atau sesuatu hal yang diberikan secara turun temurun. Namun SR ternyata menyimpan sebuah makna yang terbilang unik, SR merupakan singkatan dari Sani Riri.

Bapak Kurnia Lesani Adnan merupakan pemilik dari PO Siliwangi Antar Nusa atau yang lebih dikenal dengan PO SAN.

Baca juga: Trend Penggunaan Livery Kamuflase Pada Bus

SAN sendiri merupakan salah satu konsumen setia Karoseri Laksana sedangan Riri ialah desainer karoseri Laksana.

penggabungan kedua nama tersebut merupakan wujud dari bentuk kemistri yang terjadi antara Konsumen yang dalam hal ini bapak Kurnia Lesani Adnan dengan karoseri laksana.

sehingga kerap kali ide-ide maupun inovasi yang diberikan oleh Bpk Sani diterima baik dan dikembangkan oleh Laksana.

Begitulah beberapa arti unik Nama Produk Body Bus Indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dan kamu dapat menonton versi video dibawah ini.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top