Ini Dia Fungsi Dari Stiker Reflektor Pada Bus

Tampilan belakang dari armada bus milik PO Pahala Kencana (Gambar : Faisal.ngab (Instagram)

Pernahkah kamu melihat stiker garis berwarna pada gambar diatas terpasang pada body bus?, Untuk itu kali ini mari kita membahas Ini Dia Fungsi Dari Stiker Reflektor Pada Bus.

yang mana stiker tersebut bukanlah aksesoris dan memiliki fungsi yang terbilang penting bagi kendaraan komersial pada saat berjalan dimalam hari.

Stiker Reflektor merupakan salah satu fitur yang bekerja dengan cara memantulkan cahaya, dimana cahaya yang dipantulkan oleh stiker tersebut berasal dari lampu kendaraan lain hingga lampu jalan yang mengarah ke bagian body kendaraan yang terpasang Stiker Reflektor.

Baca Juga: Melihat Sisi Lain Bus Berklakson Telolet Di Indonesia

Selain itu fitur ini terlihat lebih banyak digunakan oleh kendaraan niaga seperti mobil Box, Truck, Truck Gandeng, Truck Trailer dan masih banyak lagi.

Disamping itu desain dari Stiker Reflektor juga telah diatur sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dipahami oleh pengemudi lainnya mulai dari penggunaan warna hingga posisi pemasangannya.

Yang mana untuk warnanya sendiri pemerintah telah menuangkannya ke dalam regulasi mengenai Pedoman Alat Pemantul Cahaya pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No. KP.3996/AJ.502/DRJD/2019 Tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Dan Kereta Tempelan.

Berikut Warna dari Stiker Reflektor Yang Digunakan Oleh kendaraan komersial.

1. Merah: Stiker Reflektor berwarna merah terpasang pada bagian belakang dari Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Dan Kereta Tempelan.

2. Kuning: Stiker Reflektor berwarna kuning ditempel pada bagian samping dari Kendaraan.

3. Putih: Stiker Reflektor berwarna putih terpasang pada bagian samping dari Kereta Gandengan, Dan Kereta Tempelan.

Disatu sisi meski belum ada aturan yang mengharuskan penggunaan Stiker Reflektor pada kendaraan bus, namun beberapa perusahaan otobus di Indonesia ada yang sudah mengaplikasikan fitur ini, dan berikut tampilan Stiker Reflektor pada kendaraan komersial bus.

Tampilan Armada Bus Milik PO Pahala Kencana Yang Telah Mengaplikasikan Stiker Reflektor (Gambar : Scaniajowo (Instagram)
Tampilan Armada Bus Milik PO Pahala Kencana Yang Telah Mengaplikasikan Stiker Reflektor (Gambar : Scaniajowo (Instagram)

Selain berfungsi untuk memantulkan cahaya sebagai penanda adanya kendaraan lain, Stiker Reflektor juga dapat menjadi media komunikasi antara pengendara satu dengan yang lainnya.

Dimana dengan melihat stiker tersebut terpasang pada body kendaraan, maka kamu akan mengetahui dimensi dari kendaraan tersebut pada saat berjalan di malam hari. Keunggulan selanjutnya dari Stiker Reflektor yaitu dapat bekerja tanpa memerlukan sistem pendukung lainnya.

Baca Juga: Mengenal Body Ecoline Produksi Karoseri Rahayu Santosa

Hal ini bisa di artikan apabila kendaraan dalam keadaan rusak terutama di bagian mesin dan memaksa kamu untuk mematikan seluruh sistem mesin termasuk sistem kelistrikannya maka Stiker Reflektor tetap dapat bekerja dengan maksimal.

Nah itulah pembahasan tentang Ini Dia Fungsi Dari Stiker Reflektor Pada Bus, dan apa pendapat kamu mengenai fitur ini? bagikan pendapat kamu pada kolom komentar.

Serta apabila kamu menyukai konten pembahasan mengenai transportasi bisa banget untuk mengunjungi kami di digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top