Faktor Penyebab Harga Tiket Bus Naik Saat Mudik Lebaran

salah satu armada bus lintas pulau milik Po Langsung Indah

Penyebab harga tiket bus naik saat mudik menjadi hal biasa setiap tahunnya bagi pemudik yang hendak pulang ke daerah tempatnya berasal.

Selain itu momen saat menjelang hari raya idul fitri merupakan sebuah momentum yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur maupun berkumpul dengan keluarga besarnya.

Hal tersebut merupakan sebuah tradisi yang sudah ada sejak puluhan tahun lamanya, sehingga hampir setiap tahun pemerintah berusaha untuk menjamin akses lalu lintas yang lancar dengan menerapkan berbagai macam skema lalu lintas agar dapat mencegah terjadinya kemacetan yang parah.

Selain kemacetan lalu lintas, salah satu masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh masyarakat pada saat mudik lebaran ialah lonjakan harga tiket diseluruh sektor transportasi terutama bus.

Lalu apa saja faktor penyebab harga tiket bus naik saat mudik lebaran?

Untuk hal yang satu ini terkait hukum pasar dimana permintaan dan ketersediaan sangat berpengaruh, yang mana meningkatnya permintaan jumlah armada bus menjadi salah satu faktor utama terjadinya peningkatan harga tiket bus sebanding dengan tingginya permintaan jumlah armada bus pada lokasi yang sedang mengalami lonjakan penumpang.

Sehingga penyedia layanan transportasi bus atau PO bus harus memobilisasi armada bus dalam keadaan kosong menuju titik lokasi yang terdapat peningkatan penumpang yang cukup signifikan hingga perusahaan otobus harus menanggung biaya operasionalnya yang cukup tinggi.

Salah satu lokasi yang kerap kali mengalami lonjakan penumpang ialah terminal bus yang terletak dikawasan kota besar seperti kota Jakarta, Surabaya, Tanggerang, dan lainnya.

Baca Juga: Beberapa Fitur Keselamatan Pada Transportasi Bus 

Untuk dikawasan Jakarta dan sekitarnya saja merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia serta menjadi salah satu pusat bisnis terbesar, sehingga banyak sekali warga dari daerah lainnya yang bekerja di sini begitu pun dikota besar lainnya.

Tampilan Body Bus Jetliner Milik PO ALSTampilan Body Bus Jetliner Milik PO ALS

Peningkatan jumlah penumpang bus sejalan dengan harga tiket yang lebih murah jika dibandingkan dengan transportasi umum lainnya, hal ini dikarenakan perusahaan otobus hanya menaikan harga sekitar 10-20% saja.

Selain itu banyak pemudik lebih memilih menggunakan transportasi bus dibandingkan transportasi umum lainnya.

Hal itu dikarenakan transportasi bus sangatlah fleksible dan dapat menjangkau lebih banyak lokasi yang sulit dijangkau oleh transportasi lainnya.

Bahkan penumpang bus dapat turun dititik-titik tertentu diluar terminal bus dan hal itu juga menjadi salah satu faktor banyaknya yang menggunakan jasa transportasi bus.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top