Body Bus Avante Produksi Karoseri Tentrem Dari Masa Ke Masa

Avante H7 Milik PO Sinar Jaya (Sumber Gambar/Adfilnrddznki_/Instagram)

Saat ini telah beredar cukup banyak pilihan model body bus, yang mana setiap karoseri memiliki produk andalannya masing-masing, termasuk karoseri Tentrem dengan salah satu produk unggulannya yaitu Avante Series. Kali ini mari kita membahas Body Bus Avante Produksi Karoseri Tentrem Dari Masa Ke Masa.

Tampilan Body Avante Generasi Awal (Sumber Gambar/Photomad.Reborn/Instagram)
Tampilan Body Avante Generasi Awal (Sumber Gambar/Photomad.Reborn/Instagram)

Gambar diatas merupakan tampilan generasi awal dari body Avante, yang mana model body ini sudah terlihat ke publik sekitar tahun 2016.

PO Harapan Jaya menjadi perusahaan otobus pertama yang menggunakan model body bus produksi karoseri Tentrem tersebut.

baca Juga: Bus Listrik Mercedes Benz Siap Diluncurkan Tahun Ini

Serta sampai saat ini masih telihat beberapa perusahaan yang bergerak di sektor transportasi menggunakan body bus Avante generasi awal tersebut, dan PO tersebut meliputi Harapan Jaya, Bagong, Maju Lancar, hingga Primajasa.

Avante sendiri ialah akronim dari Advance Technology, dimana dari arti nama tersebut kemungkinan terdapat misi dari karoseri Tentrem yang ingin selalu tampil terdepan baik dari segi desain maupun teknologi.

hal ini terlihat ketika karoseri ini memperkenalkan body Avante series dengan fitur spion kamera, dan menjadi yang pertama di Indonesia.

Avante H9 Milik PO Rosalia Indah (Sumber Gambar/Alief_7425/Instagram)
Avante H9 Milik PO Rosalia Indah (Sumber Gambar/Alief_7425/Instagram)

Sedangkan diatas merupakan tampilan dari body Avante series yang paling banyak kita lihat maupun temui, dimana dari segi tampilan tentu banyak perubahan yang terjadi jika dibandingkan dengan body Avante generasi awalnya.

Meski begitu sejak awal kehadirannya sampai saat ini, model body Avante tidak terlepas dari konsep bus Double Glass yang mana sejak generasi pertamanya kaca bagian atas dari body ini didesain melengkung ke arah belakang.

Baca Juga: Mengenal Sasis Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542

jika dilihat dari sisi aerodinamis tentu akan berdampak positif, sedangkan secara tampilan desain tersebut menjadi salah satu ciri khas dari body Avante produksi Tentrem.

lalu apa arti kode H7, H8, dan H9 yang selalu tertempel pada nama body tersebut?.

ARTI KODE PADA BODY AVANTE

a. H7 : Tinggi (High) 3,7 meter

b. H8 : Tinggi (High) 3,8 meter

c. H9 : Tinggi (High) 3,9 meter

d. D1 : Body Bus Low Drive

e. D2 : Body Bus Double Decker

Selain kode tersebut, karoseri Tentrem juga meluncurkan model body bus Avante dengan varian X, dimana kode X ini terpasang pada bagian akhir dari penamaan body bus produksinya.

Contohnya yaitu pada penamaan Avante H7X, dimana kode tersebut dipasangkan pada body bus yang memiliki spesifikasi khusus seperti menggunakan konsep Single Glass pada kaca depan kabin bus.

Sedangkan Penamaan varian “Priority” digunakan oleh karoseri Tentrem terhadap model body bus produksinya yang mengusung konsep sleeper.

dan penamaan varian ini terpasang pada bagian akhir dari nama body bus serta spesifikasinya seperti Avante – H9 – Priority.

Avante Facelift Milik PO Primajasa (Sumber Gambar/Gallerydhapa_1/Instagram)
Avante Facelift Milik PO Primajasa (Sumber Gambar/Gallerydhapa_1/Instagram)

Disisi lain saat ini karoseri Tentrem juga telah meluncurkan model body Avante versi Faceliftnya, dimana perubahan yang paling mencolok terletak pada lekukan Pilar A kaca depan atas, Model Foglamp, Bumper, Selendang samping, hingga desain kisi-kisi udara ruang mesinnya.

Baca Juga: Apa Saja Perubahan Pada Body Bus Rexus SL+ Mesin Depan

Itulah pembahasan mengenai Body Bus Avante Produksi Karoseri Tentrem Dari Masa Ke Masa, Bagikan pendapat kamu seputar model body ini dikolom komentar.

dan lihat konten lainnya seputar transportasi hanya di digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top