Apa Itu Ramp Check?

Dinas Perhubungan tengah melakukan kegiatan Ramp Check

Apa Itu Ramp Check? hal ini sering terdengar saat Menjelang libur lebaran maupun libur nasional pastinya sahabat transport sering mendengar istilah “Ramp Check” yang kerap kali dilaksanakan pada setiap terminal utama ditiap-tiap daerah.

Ramp Check merupakan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan secara rutin.

kegiatan inspeksi keselamatan ini bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan yang hendak dipergunakan oleh masyarakat dalam kondisi yang Prima dan laik jalan sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan umum tidak laik jalan.

Setelah serangkaian pengecekan telah dilakukan, kendaraan yang sudah memenuhi standar kelaikan jalan oleh kemenhub maka kendaraan tersebut akan dipasangkan stiker yang menandakan bahwa armada bus telah memenuhi standar kelaikan jalan.

Baca juga: Inilah Beberapa Bus Amfibi didunia

Ramp Check terdiri atas beberapa aspek pengecekan diantaranya sebagai berikut:

Pertama, Administrasi

Kelengkapan Administrasi merupakan hal utama yang akan diperiksa oleh petugas kemenhub sebelum nantinya akan melakukan inspeksi ke objek lainnya. Perlengkapan Administrasi tersebut meliputi Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK.         

Kedua, Unsur Teknis Utama

Unsur Teknis Utama terdiri atas pengecekan Sistem penerangan, pengereman, kondisi kaca depan, ban  dan sabuk keselamatan.   

Ketiga, Unsur Teknis Pendukung

Unsur Teknis Penunjang meliputi Pengukur kecepatan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, dan perlengkapan tanggap darurat.

Dengan adanya inspeksi Keselamatan dapat meningkatkan rasa keamanan bagi setiap pengguna transportasi terutama bus.

serta diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan tidak laik jalan sehingga menimbulkan citra positif pada moda transportasi massal yaitu bus.     

itulah pembahasan singkat tentang ramp check. bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.  


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top