Alasan Mengapa Beberapa Terminal Bus AKAP Sepi Penumpang

Area Parkir bus Di Terminal Poris (Sumber/ramaaaadn_/Instagram)

Mungkin dalam benak kita pernah bertanya Alasan Mengapa Beberapa Terminal Bus AKAP Sepi Penumpang, padahal peminat layanan transportasi darat terutama bus bisa dikatakan lebih banyak jika dibandingkan dengan beberapa moda transportasi lainnya.

untuk dapat menunjang aktifitas menaikan serta menurunkan penumpang bus maka sebuah daerah pasti memiliki fasilitas terminal baik bertipe A, B maupun C.

Baca Juga: PO NPM Hadirkan Armada Bus Baru Dengan Livery Tahun 90an

Akan tetapi terdapat beberapa terminal yang mungkin bisa dikatakan sepi penumpang, dan pada kesempatan kali ini kami menjabarkan beberapa hal yang menurut pendapat kami menjadi faktor mengapa terminal bus sepi penumpang.

1. LOKASI TERMINAL

Lokasi atau Letak terminal merupakan salah satu faktor yang cukup penting untuk melihat kinerja dari suatu terminal bus.

semakin jauh suatu terminal dari pemukiman maka dapat menyebabkan menurunnya minat masyarakat untuk naik bus dari Terminal yang mana hal ini dapat disebabkan oleh biaya transportasi menuju lokasi tersebut yang tidak efisien.

Disisi lain untuk penumpang bus lintas kota umumnya membawa barang bawaan yang tidak sedikit sehingga apabila lokasi terminal terlalu jauh maka penumpang tersebut harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Sehingga penumpang bus tersebut lebih memilih naik dari terminal bayangan Maupun agen resmi yang disediakan oleh Perusahaan Otobus.

2. AKSES MENUJU TERMINAL BUS

Selain biaya, pilihan moda transportasi menuju lokasi terminal yang terbatas bisa menjadi alasan terminal bus tersebut sepi.

Hal ini karena tidak semua jenis angkutan yang ada memiliki rute yang menjangkau terminal tersebut maupun sebaliknya.

sehingga masyarakat yang hendak menuju terminal harus beberapa kali berpindah angkutan yang mana hal ini tentu tidak efektif.

3. DESAIN TERMINAL

Jika kita melihat tampilan terminal baru saat ini tentu sangatlah luas, mewah, dan modern. namun disisi lainnya jika kita melihat Karakteristik dari penumpang bus lintas kota mungkin bisa menjadi alasan kenapa terminal bus sepi.

Dimana hal itu disebabkan oleh ada penumpang bus yang gemar membawa barang bawaan berlebihan tentu hal ini akan menyulitkan mereka apabila lokasi parkir bus terlalu jauh dengan area drop zone penumpang dari lokasi layanan terminal dalam kotanya.

baca Juga: Volvo Luncurkan Sasis Bus B11R Dan B8R EURO 5 Di Indonesia

Sehingga mereka akan kesulitan membawa barang bawaannya tersebut, yang mana hal ini akan membuatnya beralih untuk turun ataupun naik di Agen resmi maupun terminal bayangan.

Selain ketiga hal yang kami sebutkan diatas, menurut sahabat transport apa Alasan Mengapa Beberapa Terminal Bus AKAP Sepi Penumpang?

Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top