Area Finishing Karoseri Laksana (Sumber/Laksanabus/Youtube)

Sejarah Karoseri Laksana Salah Satu Yang Terbaik Di Indonesia

Bagi para pecinta transportasi bus di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi bila mendengar nama karoseri yang satu ini yaitu Laksana, kali ini mari mengenal Sejarah Karoseri Laksana Salah Satu Yang Terbaik Di Indonesia.

Sebagai salah satu karoseri bus terbesar di Indonesia tentunya memiliki sejarah yang Panjang untuk sampai ke tahap saat ini.

Baca Juga: Alasan Mengapa Beberapa Terminal Bus AKAP Sepi Penumpang

Dahulu sebelum berdiri sebagai karoseri kendaraan komersial, Laksana bermula dari bisnis Toko yang berfokus pada penjualan kebutuhan otomotif, dan usaha ini telah ditekuni oleh Bapak Yusuf Arman sejak tahun 1967 di Kota semarang, Jawa Tengah.

Dengan pertumbuhan bisnis yang cukup pesat membuat toko otomotif ini pada tahun 1970 berpindah lokasi ke tempat yang lebih luas agar dapat meningkatkan kinerja dari usahanya tersebut.

beberapa divisi yang berkaitan dengan otomotif pun didirikannya, dan Kemudian di tahun 1977 Laksana melebarkan cakupan bisnisnya dengan mendirikan divisi manufacturing yang bergerak pada sektor pembuatan body kendaraan dan produk pertama yang diproduksinya ialah Colt T120 Minibus.

Setelah setahun beroperasi lokasi usaha perakitan body kendaraan ini pun dipindahkan ke Ungaran, Semarang dan menempati lahan seluas 5000 Meter persegi.

dengan tingginya permintaan produk dari karoseri ini membuat Laksana melakukan peningkatkan kapasitas produksi dengan melebarkan Kawasan bisnisnya menjadi 15.000 meter persegi di tahun 1982.

Seiring berjalannya waktu dan tingginya permintaan produk membuat Laksana terus meningkatkan Kawasan produksinya hingga pada tahun 2010 kawasan produksi laksana telah menyentuh angka 70.000 meter persegi.

dan angka ini akan terus meningkat seiring tingginya permintaan maupun pertumbuhan perusahaan tersebut, serta dalam setahun kabarnya karoseri ini mampu memproduksi kurang lebih sebanyak 1000 unit kendaraan.

Dua Model Body Fenomenal Buatan Laksana Di Tahun 2000-An (Sumber/Deni_asari/Anekabis)
Dua Model Body Fenomenal Buatan Laksana Di Tahun 2000-An (Sumber/Deni_asari/Anekabis)

Sejak berdirinya divisi manufacturing Laksana terus berinovasi dengan menghadirkan sejumlah model body bus, dan model Panorama merupakan salah satu body big bus produksi Laksana yang terkenal di tahun 90-an.

Kemudian memasuki tahun 2000-an Laksana menghentikan produksi dari body Panorama serta menghadirkan penggantinya yaitu body model Sprinter yang juga sukses menarik banyak peminat kala itu.

Dua Model Bus Kekinian Produksi Laksana (Sumber/Membelipengalaman/Wikipedia)
Dua Model Bus Kekinian Produksi Laksana (Sumber/Membelipengalaman/Wikipedia)

Selanjutnya untuk menghadapi era transportasi modern Laksana selaku produsen menghadirkan satu model big bus di akhir tahun 2008.

yang mana model body ini sukses menarik banyak peminat sampai saat ini dan body tersebut ialah Legacy Series, Dimana body Legacy sendiri telah memasuki Generasi ke 3.

Baca Juga: PO NPM Hadirkan Armada Bus Baru Dengan Livery Tahun 90an

Bagaimana Menurut Sahabat Transport Tentang Sejarah Karoseri Laksana Salah Satu Yang Terbaik Di Indonesia?

Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top