Tampilan Area Parkir Bus di Terminal Purabaya, Jawa Timur (Gambar : Wikipedia)

Terminal Bus Purabaya Salah Satu Yang Tersibuk Di Asia Tenggara

Kali ini mari kita membahas tentang Terminal Bus Purabaya Salah Satu Yang Tersibuk Di Asia Tenggara. Bagi masyarakat Jawa Timur terutama di wilayah Surabaya, pastinya sudah tidak asing lagi bila mendengar nama terminal bus yang satu ini yaitu Purabaya.

dimana nama terminal ini sendiri merupakan gabungan kata dari Gapura dan Surabaya, Serta jika kedua kata tersebut digabungkan menjadi “Gapura Surabaya” maka dapat diartikan sebagai pintu masuk Kota Surabaya.

Baca Juga: Mengenal Bus Berlivery Vintage Milik PO SAN

dan karena lokasi terminal bus ini yang berada di wilayah administratif Bungurasih membuatnya sering disebut juga sebagai Terminal Bungurasih.

Pembangunan terminal bus tipe A Purabaya sendiri telah direncanakan sejak tahun 1982 berdasarkan surat Persetujuan Gubernur Jawa Timur.

namun pembangunannya baru dimulai pada tahun 1989 dan resmi beroperasi pada tahun 1991 sebagai salah satu terminal bus utama di wilayah Surabaya.

Disamping itu terminal bus seluas 120.000 meter persegi ini merupakan salah satu terminal bus terluas dan tersibuk di kawasan Asia Tenggara.

dimana dalam sehari saja terminal bus tipe A Purabaya dapat melayani lebih dari 20.000 penumpang dari dan menuju Surabaya.

Dimana Terminal bus Purabaya berperan sebagai titik pemberangkatan serta kedatangan sejumlah moda layanan mulai dari angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkutan kota, hingga layanan Bus Rapid Transit (BRT) Suroboyo Bus dan Trans Jatim.

Selain itu Terminal bus Purabaya juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas selayaknya gedung terminal pada bandara.

mulai dari Ruang tunggu yang luas, Akses menuju parkiran bus yang terbilang mudah dengan adanya sistem yang menyerupai garbarata, fasilitas Eskalator, dan sebagainya.

Disatu sisi terminal bus Purabaya juga bisa dikatakan sebagai salah satu terminal bus terintegrasi di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Body Scorpion King Produksi Tentrem

yang mana hal ini karena lokasi dari Terminal Purabaya yang cukup berdekatan dengan beberapa Sarana publik, termasuk stasiun kereta Waru dimana keduanya terhubung melalui sistem jembatan penyebrangan orang (JPO).

Itu dia pembahasan tentang Terminal Bus Purabaya Salah Satu Yang Tersibuk Di Asia Tenggara, bagaimana pendapat kamu mengenai terminal bus yang satu ini?.

bagikan pendapat kamu dikolom komentar dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar perkembangan Transportasi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top