Mengenal Terminal Arya Wiraraja Sumenep Madura

Tampilan Area Parkir Terminal Arya Wiraraja

Mengenal Terminal Arya Wiraraja Sumenep Madura yang merupakan salah satu terminal bus terbesar di wilayah Madura, Provinsi Jawa Timur.

Yang mana Madura sendiri menjadi salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah pengguna transportasi bus yang tidak sedikit.

Dimana adanya banyak Perusahaan otobus dengan berbagai rute perjalanan disana menjadi salah satu indikator banyaknya pengguna bus diwilayah Madura.

Selain banyaknya pengguna, Pulau Madura juga memiliki banyak Infrastruktur terminal bus, yang mana salah satu terminal bus yang bisa dikatakan cukup berusia di wilayah tersebut ialah Terminal Bus Arya Wiraraja.

Arya Wiraraja merupakan nama dari sebuah terminal bus yang berlokasi di Jalan Arya Wiraraja, Kabupaten Sumenep. Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Sasis Bus Hino Banyak Peminat Di Indonesia

Yang mana nama terminal bus ini sama seperti nama jalan dimana lokasi terminal bus tersebut berdiri yaitu Jalan Arya Wiraraja.

Arya Wiraraja sendiri merupakan seorang tokoh besar di Jawa dan Madura pada abad ke 13 masehi, yang mana beliau merupakan salah satu orang penting dilingkaran utama Kerajaan Singhasari.

Yang mana setelah Prabu Whisnuwardhana (Raja Singhasari) diganti oleh putranya membuat Arya Wiraraja dipindahkan ke Madura timur yakni Songennep atau Sumenep, sebagai seorang Adipati atau saat ini setingkat Gubernur.

Dengan kiprah baiknya mengelola wilayah tersebut, menjadikan nama Arya Wiraraja sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh serta penting pada diwilayah Sumenep.

Sehingga nama beliau diabadikan ke dalam beberapa Infrastruktur, yang mana salah satunya ialah terminal bus ini dan Terlepas dari Sejarah nama dibaliknya.

Terminal Bus Arya Wiraraja sendiri merupakan salah satu terminal bus tipe A yang berada diwilayah Madura, Provinsi Jawa Timur.

Terminal bus ini kabarnya dibangun pada tahun 1995, atau sekitar 28 tahun yang lalu.

Dengan usia terminal yang tidak lagi muda membuat prasarana dari terminal bus tipe A ini sudah mengalami penurun fungsi.

Disamping itu Terminal Bus Arya Wiraraja juga merupakan salah satu terminal bus terluas di pulau Madura, yang mana terminal bus tipe A ini memiliki luas Kawasan terminal mencapai 8.661 meter persegi.

Baca Juga: Ini Fungsi Lubang Pada Bumper Depan Laksana Legacy Series

Dengan Luas Kawasan terminal tersebut dan status terminal kategori A menjadikan Terminal Bus Arya Wiraraja memiliki peran yang bisa dikatakan sangat penting, terutama bagi Masyarakat Sumenep dan sekitarnya.

Dimana terminal ini berfungsi sebagai titik kedatangan dan keberangkatan dari berbagai moda transportasi seperti Mobil Penumpang Umum atau MPU, Bus Antar Kota Dalam Provinsi, Hingga layanan Bus Antar Kota Antar Provinsi.

DAN BERIKUT BEBERAPA NAMA PERUSAHAAN OTOBUS YANG ADA DI TERMINAL ARYA WIRARAJA.

1. AKAS Grup – AKDP

2. Pelita Mas – AKDP

3. DAMRI – AKDP

4. PO Gunung Harta – AKAP

5. Haryanto – AKAP

6. Lorena dan Karina – AKAP

7. Madu Kismo – AKAP

8. Mitra Titian Nusantara – AKAP

9. Pahala Kencana – AKAP

10. Sinar Jaya – AKAP

11. Tjipto GM – AKAP

12. Setiawan – AKAP

13. Zentrum – AKAP

Itu Dia ulasan kami Mengenal Terminal Arya Wiraraja Sumenep Madura, dan bagi kamu yang menyukai konten pembahasan seputar transportasi bisa kunjungi digitalototransport.com.

 


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top