Mengenal Singkat Perusahaan Otobus Safari Dharma Raya

Tampilan salah satu bus lawas milik PO Safari Dharma Raya (Gambar Diambil Dari: Deni_Asari (Twitter)

Kali ini mari mengenal singkat perusahaan otobus Safari Dharma Raya, yang mana bagi sebagian orang saat mendengar nama perusahaan transportasi ini akan teringat dengan tulisan “OBL”.

Dimana tulisan itu terpasang pada bagian ekterior bus yang dioperasikan oleh perusahaan transportasi tersebut, yang mana OBL sendiri merupakan singkatan dari nama sang pendiri perusahaan yaitu Bapak Oei Bie Lay. 

Safari Dharma Raya sendiri merupakan sebuah perusahaan transportasi bus yang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah dan telah berdiri sejak tahun 1951. 

Serta menjadi salah satu perusahaan otobus tertua di pulau Jawa dengan usia PO tersebut yang sudah ada lebih dari 71 tahun.

Baca Juga: Beberapa Perbedaan Antara Gunung Harta Hijau Dengan Merah 

Awal berdirinya perusahaan otobus yang identik dengan livery model Gajah ini bermula dari keluh kesah masyarakat Temanggung yang dahulu mengalami kesulitan untuk mengirimkan hasil buminya ke wilayah lain.

Melihat permasalahan tersebut, membuat Bapak Oei Bie Lay terdorong untuk membuka bisnis transportasinya sendiri.

Yang mana diawal kehadirannya Beliau mengoperasikan sekitar 2 kendaraan mini bus yang di modifikasi dari mobil sedan miliknya. 

Dengan permintaan akan transportasi yang tinggi diwilayah tersebut, turut mendorong perkembangan bisnis dari Bapak Oei Bie Lay. 

Sehingga beliau dapat menghadirkan lebih banyak kendaraan komersial untuk mempercepat mobilisasi masyarakat. 

PERJALANAN PO SAFARI DHARMA RAYA

Berikut perkembangan rute perjalanan dan layanan dari Safari Dharma Raya: 

1. Tahun 1950

Perusahaan transportasi milik Bapak Oei Bie Lay resmi beroperasi di wilayah Temanggung. 

2. Tahun 1956

Perusahaan transportasi ini membeli beberapa unit bus Chevrolet Loadmaster ex NV Adam Salatiga, yang kemudian dioperasikan pada jalur Magelang – Temanggung – Parakan – Ngadirejo – Candiroto. 

3. Tahun 1960an

Perusahaan otobus Safari Dharma Raya melayani rute perjalanan Magelang – Ngadirejo dan Surabaya – Malang.

4. Tahun 1971

Perusahaan otobus Safari Dharma Raya mulai menghadirkan beberapa unit bus bermesin Fargo, yang mana unit tersebut kala itu dioperasikan pada layanan bus malam.

Rute perjalanannya meliputi Temanggung – Magelang – Jogja – Solo – Madiun – Surabaya – Malang Via Yogyakarta dan ada juga yang lewat Semarang.

5. Tahun 1973 Sampai 1974

Safari Dharma Raya melebarkan jangkauan operasionalnya dengan membuka rute perjalanan Yogyakarta – Jakarta, Jakarta – Denpasar, dan Temanggung – Yogyakarta – Denpasar.

6. Tahun 1997

PO Safari Dharma Raya kembali melakukan ekspansi bisnis dengan membuka rute perjalanan Jakarta, Mataram dan Temanggung, Mataram.

7. Tahun 1999

Safari Dharma Raya membuka layanan angkutan bandara, yaitu sebagai bus Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

8. Tahun 2001

PO Safari Dharma Raya melakukan pelebaran rute perjalanan regulernya dengan membuka rute dari Jakarta – Semarang – Solo.

9. Tahun 2002

Safari Dharma Raya kembali membuka layanan angkutan bandara dan pada tahun ini perusahaan transportasi tersebut resmi melayani rute bus bandara di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

10. Tahun 2003

Tidak hanya berfokus pada pengembangan trayek reguler di pulau Jawa, dimana Safari Dharma Raya pada tahun tersebut membuka rute perjalanan ke wilayah timur Indonesia yaitu Rute Bima – Jakarta dan Bima – Jogja – Jakarta. 

SALAH SATU PERUSAHAAN OTOBUS DENGAN KOLEKSI BUS DAN SASIS LANGKA DI INDONESIA 

Disamping itu Safari Dharma Raya merupakan salah satu perusahaan otobus di Indonesia yang bisa dikatakan memiliki beberapa koleksi bus istimewa dengan populasi yang terbatas. 

Seperti bus model Tourismo Limited Edition (nama tidak resmi) produksi Adiputro, yang mana bus dengan model tersebut hanya ada satu di Indonesia dan hanya dioperasikan oleh perusahaan transportasi Safari Dharma Raya. 

Baca Juga: Inilah Rute Bus Mahendra Transport Indonesia

Selanjutnya Safari Dharma Raya juga merupakan pengguna satu-satunya sasis bus Mercedes Benz OH 1829 di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari kepercayaan Safari Dharma Raya kepada pihak Daimler Indonesia. 

Dimana Safari Dharma Raya sering kali menjadi pengguna pertama dari produk-produk sasis bus produksi Mercedes Benz di Indonesia. 

Selain memiliki kedekatan bisnis dengan pihak Mercedes Benz, Safari Dharma Raya juga telah lama menjalin kerja sama dengan karoseri Morodadi Prima. 

Yang mana ada banyak armada bus yang dioperasikan oleh Safari Dharma Raya menggunakan balutan body buatan karoseri asal Malang tersebut. 

Dan Safari Dharma Raya juga merupakan pengguna pertama dari bus model double decker produksi Morodadi prima yang Bernama Three Star Patriot. 

Uniknya lagi Safari Dharma Raya juga sering kali terlihat melakukan pemesanan bus khusus kepada karoseri Morodadi Prima.

Dimana yang terbaru yaitu Morodadi Prima merilis bus model Patriot TU 237G milik Safari Dharma Raya.

Namun model lampunya di custom dengan menggunakan model lampu depan yang serupa dengan salah satu model truck produksi pabrikan ternama di Jepang. 

ARTI KODE PADA BODY BUS SAFARI DHARMA RAYA 

Selain mengoleksi beragam model bus dengan desain istimewa dan memiliki sejumlah sasis langka di Indonesia.

Perusahaan otobus yang sering dijuluki sebagai “Si Gajah Dari Temanggung” ini menggunakan beberapa kode tertentu untuk memudahkan operasional dari Safari Dharma Raya. 

Dimana Safari Dharma Raya memiliki dua divisi yaitu Safari Dharma Raya divisi Temanggung dan Jakarta.

Yang mana segala bus yang berada dibawah pengelolaan divisi Temanggung akan dipasangkan kode GT yang memiliki arti Gajah Temanggung. 

Sedangkan untuk bus Safari Dharma Raya yang dikelola oleh divisi Jakarta akan mendapatkan kode GB yaitu Gajah keBayoran. 

Baca Juga: Perbedaan Antara Sasis Bus Tronton, Trinton, Dan Trintin

Terlepas dari itu semua, saat ini perusahaan otobus Safari Dharma Raya bergerak pada sektor bisnis layanan bus reguler, pariwisata, hingga jasa pengiriman paket atau kargo. 

Bagaimana menurut sahabat transport setelah mengenal singkat perusahaan otobus Safari Dharma Raya?.

Bagi kamu yang ingin selalu update seputar perkembangan transportasi bisa langsung kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top