Mengenal Sasis Langka Bermesin Tengah VOLVO B12M

Tampilan sasis Volvo B12M sebelum dipasangkan body (Gambar : gallerybus blogspot)

Kali ini Mari Kita Mengenal Sasis Langka Bermesin Tengah VOLVO B12M, yang mana sasis ini merupakan sasis bus bermesin tengah dan mungkin paling jarang ditemui di jalan Indonesia.

Dan Siapa yang tidak kenal dengan produsen kendaraan yang berbasis di Eropa satu ini yaitu Volvo, yang mana bagi sebagian orang mungkin sudah sering mendengar nama pabrikan ini.

Dimana produk buatan Volvo sendiri terutama disegmen kendaraan komersial seperti bus dan truck sudah banyak beredar di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Singkat Perusahaan Otobus Yessoe Travel

serta telah digunakan oleh banyak perusahaan transportasi bus seperti perusahaan otobus Gunung Harta, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, Nusantara dan sebagainya.

Disamping itu taukah kamu bahwa Nusantara merupakan perusahaan otobus satu-satunya di Indonesia yang pernah ataupun masih mengoperasikan sasis bus bermesin tengah produksi Volvo.

Dimana sasis tersebut bertipe Volvo B12M dan pernah menjadi salah satu sasis bus dengan spesifikasi tertinggi di Indonesia pada masanya.

sasis model ini sendiri masuk ke tanah air pada tahun 2005-an dan baru memasuki masa layanan pada tahun 2008.

Lamanya proses sasis tersebut masuk kedalam layanan disebabkan oleh proses produksinya, mulai dari sasis datang ke Indonesia hingga memasuki tahap pemasangan body yang terbilang cukup lama.

hal ini disebabkan karena segala tahap pemasangan body diatas sasis Volvo B12M sangat diperhitungkan dan diawasi oleh pihak Volvo selaku produsen sasis.

Sehingga konsumen dalam hal ini ialah perusahaan otobus Nusantara mendapatkan armada bus bersasis mesin tengah dengan kualitas yang maksimal.

Disamping itu bus dengan julukan “Omah Mlaku” atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Rumah Berjalan ini.

merupakan salah satu armada bus dengan fasilitas premium yang dimiliki oleh perusahaan transportasi Nusantara.

Dimana armada bus tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti TV LCD 32 inchi, kulkas, microwave, pemanas air, pemanggang roti, Wifi dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Terminal Bus Purabaya Salah Satu Yang Tersibuk Di Asia Tenggara

Disisi lain armada bus mewah tersebut dioperasikan pada layanan angkutan non reguler seperti pariwisata dan bus Carter.

Sedangkan untuk tampilan eksteriornya, bus mewah ini menggunakan body model Setra produksi karoseri asal Malang yaitu Adi Putro.

dan sebagaimana yang telah kami bahas tadi, bahwasannya Omah Mlaku milik PO Nusantara ini menggunakan sasis bus bermesin tengah produksi Volvo.

Dimana karena letak mesin dari sasis tersebut yang berada ditengah, membuat kapasitas bagasi yang terletak dibawah kabin penumpang menjadi berkurang dan tidak seluas seperti bus model Setra yang diaplikasikan pada sasis bus bermesin belakang.

Sehingga penumpang bus tidak dapat membawa barang bawaan yang berlebih dan hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Omah Mlaku milik PO Nusantara tidak pernah diterjunkan ke rute perjalanan reguler.

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri sasis Volvo B12M telah dibekali oleh mesin diesel berkapasitas 12.000 cc tipe DH12.

dan mesin model ini mampu menghasilkan tenaga diangka 420 Hp, serta angka tersebut menjadikannya sebagai salah satu model sasis bus dengan tenaga terbesar di Indonesia pada masanya.

Tidak hanya itu, sasis Volvo B12M juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan dan kenyamanan yang tidak kalah bersaing dengan sejumlah sasis bus modern saat ini.

Dimana sasis bermesin tengah tersebut sudah dibekali dengan fitur suspensi udara atau lebih dikenal dengan Air Suspension, Antilock Brake System, dan sistem retarder yang berperan sebagai sistem pengereman pada bus.

Kemudian taukah kamu bahwasannya kode B12M yang digunakan sebagai identitas dari sasis tersebut memiliki arti dibaliknya.

yang mana huruf “B” menandakan bahwasannya sasis tersebut dirancang untuk bus, dan angka “12” diambil dari dua angka depan pada spesifikasi mesin yang digunakannya, dimana sasis ini menggunakan mesin berkapasitas 12.000 cc.

Baca Juga: Mengenal Bus Berlivery Vintage Milik PO SAN

Sedangkan huruf “M” memiliki arti Middle Engine atau mesin tengah yang mana huruf tersebut berperan untuk memudahkan konsumen dalam memahami model sasis yang digunakannya.

Itu dia pembahasan tentang Mengenal Sasis Langka Bermesin Tengah VOLVO B12M, bagaimana pendapat kamu mengenai model sasis ini?, dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui lebih jauh seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top