Mengenal Mercedes Benz OH 1521

Tampilan Overhang depan dari Mercedes Benz OH 1521 (sumber/instagram/ reynaldoyp)

Mercedes Benz OH 1521 akan kita ulas Setelah sebelumnya membahas mengenai chasis Mercedes Benz OH 1525  BACA DISINI, kali ini kita akan membahas chasis generasi pendahulunya yaitu Mercedes Benz OH 1521 atau biasa disebut sebagai Mercy Kuler.

Mercedes Benz OH 1521 pertama kali diperkenalkan pada era 90an atau sekitar tahun 1996. Serta menjadi chasis bus yang memiliki banyak keunggulan mulai dari kenyamanan hingga kehandalannya dalam melintasi jalan-jalan di Indonesia serta memiliki kemampuan daya angkut yang besar pada saat itu.

Baca Juga: 5 Perusahaan Otobus Dengan Rute Terjauh Di Indonesia

Chasis Mercy OH 1521 Intercooler merupakan chasis bus bermesin belakang yang sangat diminati kala itu, hal ini dikarenakan chasis tersebut mampu mengangkut bobot yang berat dengan torsi mesin yang melimpah dan sistem perawatannya terbilang mudah sebab sistem kerja mesin yang masih serba mekanis sehingga apa bila bus mengalami kerusakan secara tiba-tiba maka kru bus dapat mengatasinya dengan cepat.

Mercedes Benz OH 1521 merupakan generasi penerus dari Mercedes Benz OH 1518 KING. Mercedes Benz OH 1521 dibekali mesin tipe OM 366 LA yang merupakan penyempurnaan dari tipe mesin sebelumnya yaitu OM 366A yang digunakan oleh chasis Mercedes Benz OH 1518 KING.

Selain itu terdapat beberapa peningkatan spesifikasi terhadap mesin OM 366 LA seperti penggunaan camshaft OHC (Over Head Camshaft) hingga Intercooler, oleh karena itu chasis ini dijuluki Mercy Kuler yang merupakan plesetan kata dari Intercooler.

Mesin OM 366 LA sendiri mampu menghasilkan tenaga mencapai  210 Ps atau sekitar 207 Hp pada putaran mesin 2.600 rpm dengan torsi mencapai 660 Nm pada 1.400 rpm.

Meski chasis ini masih menggunakan suspensi tipe per daun namun kenyamanannya serupa dengan suspensi udara, serta tidak sedikit penumpang bus mengakui bahwa ayunan dari suspensi milik chasis MB OH 1521 sangatlah nyaman sehingga menjadi chasis primadona bagi konsumen pada masanya.

Baca Juga: Akankah Sleeper Bus Menjadi Kelas Pelayanan Yang Banyak Digemari?

Stir kemudi dari Mercedes Benz tipe OH 1521 telah menggunakan fitur modern seperti stabilizer dan  power steering sehingga dapat mempermudah bus dalam bermanuver dan menikung dengan stabil. Spesifikasi dari Mercedes Benz OH 1521 juga mampu menyaingi sang kompetitor yaitu Hino RK Turbo atau RKT.

Selain itu chasis ini juga kerap kali disebut sebagai Kuler Jahat, jahatnya bukan mencuri atau membunuh ya sahabat transport melainkan asap yang dihasilkan dari knalpot bus sangatlah hitam dan mengganggu pengguna jalan dibelakangnya sehingga dikatakan jahat.

Asap Hitam yang dikeluarkan oleh mesin tersebut bukan karena sistem pembakarannya yang buruk melainkan terdapat beberapa oknum yang dengan sengaja memodifikasi atau merubah beberapa sistem pada mesin agar dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar lagi.

Nah itulah pembahasan singkat tentang chasis bus mercy yang satu ini, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top