Tampilan Chasis Bus Mercedes Benz OH 1525 milik PO Garuda Mas (sumber/ Firza Cooler Euro 3)

Mengenal Mercedes Benz OH 1525

Mercedes Benz OH 1525 diperkenalkan pada tahun 2004 sebagai generasi penerus dari MB OH 1521, chasis bus ini termasuk ke salah satu chasis bus tercanggih kala itu (2004).

Mercedes Benz OH 1525 dijuluki sebagai Mercy Elektrik, hal ini dikarenakan chasis tersebut telah menggunakan sistem konsumsi bahan bakar yang sudah bekerja secara elektrikal serta diatur melalui Engine Control Unit (ECU).

Dengan adanya fitur Engine Control Unit membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih besar walaupun kapasitas mesin lebih kecil di bandingkan generasi terdahulunya yaitu Mercedes Benz 1521 atau biasa disebut Mercy Kuler.

Mercedes Benz OH 1525 merupakan chasis big bus bermesin belakang yang telah di bekali mesin tipe OM 906 LA serta mampu menghasilkan tenaga mencapai 250 PS atau sekitar 246 Hp dan chasis ini memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 15 Ton.

Baca Juga: Mengenal Istilah Pejuang Nol Kilometer

Selain itu chasis ini memiliki Overhang belakang yang cukup panjang serupa dengan Mercedes Benz OH 1830. Meski chasis Mercedes Benz 1525 memiliki banyak kecanggihan namun soal kenyamanan chasis ini masih di bawah Mercedes Benz OH 1521.

Hal ini dikarenakan Karakteristik dari suspensi per daun nya yang ada pada Mercy OH 1525 dinilai lebih keras sehingga beberapa perusahaan otobus melakukan inovasi dengan memasangkan suspensi udara pada chasis tersebut.    

Chasis Mercy OH 1525 sering digunakan oleh operator bus untuk melayani rute perjalanan jauh mulai dari antar kota antar provinsi hingga lintas pulau seperti Pulau Sumatera – Pulau Jawa, Pulau Jawa – Pulau Bali dan seterusnya.

Tampilan Mercedes Benz OH 1526 Dengan Balutan Body Jetbus Generasi 1 Milik PO Tunggal Dara (Sumber/Kulo Adhiwibowo)
Tampilan Mercedes Benz OH 1526 Dengan Balutan Body Jetbus Generasi 1 Milik PO Tunggal Dara (Sumber/Kulo Adhiwibowo)

Chasis Mercy OH 1525 berhenti diproduksi pada tahun 2010 dan diteruskan oleh Mercedes Benz OH 1526 yang pada saat itu diperkenalkan bersamaan dengan Mercedes Benz OH 1521 XBC.

Mercedes Benz OH 1526 dituntut menjadi lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yang memiliki banyak kekurangan, pada saat Mercedes Benz OH 1526 diperkenalkan ke publik.

Baca Juga: 5 Terminal Bus Terluas Di Indonesia

chasis tersebut masih menggunakan suspensi tipe Per Daun namun soal kenyamanan dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan Mercedes Benz OH 1526 merupakan chasis terakhir buatan Mercedes Benz yang menggunakan suspensi per daun.

Begitulah pengenalan singkat chasis bus Mercy OH 1525, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
Scroll to Top