MENGENAL BEBERAPA TERMINAL BUS DI KALIMANTAN

Terminal Gambut Kalsel (Sumber Gambar : Latif Thohir/Antara)

Kalimantan merupakan pulau terbesar ke tiga di dunia, dimana mayoritas wilayah di pulau ini termasuk kedalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. meski pulau ini begitu luas namun nyatanya masih ada banyak masyarakat Indonesia belum mengetahui ada terminal apa saja yang ada di pulau ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini mari mengenal Beberapa terminal bus di Kalimantan.  

Gerbang Masuk Terminal Bus Sei Ambawang (Sumber Gambar : Backpackerjakarta)
Gerbang Masuk Terminal Bus Sei Ambawang (Sumber Gambar : Backpackerjakarta)

PERTAMA, TERMINAL SEI AMBAWANG

Sei Ambawang merupakan Terminal bus yang terletak di Kubu Raya, Kalimantan Barat dan menjadi tempat singgah bagi angkutan Antar Lintas Batas Negara (ALBN) yang menghubungkan antara Indonesia (Pontianak), Malaysia (Kuching), dan Brunei Darussalam.

Baca Juga: INILAH SPESIFIKASI DARI ARMADA TERBARU MILIK PO SAN

Selain itu, Terminal ini juga difungsikan sebagai titik kedatangan maupun pemberangkatan bus dengan rute perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Terminal Sei Ambawang Dikelola langsung oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat.

Tampilan Udara Terminal Bus W.A Gara (Sumber Gambar : Studio Arsitektur (Youtube)
Tampilan Udara Terminal Bus W.A Gara (Sumber Gambar : Studio Arsitektur (Youtube)

KEDUA, TERMINAL BUS W.A GARA

Tahun 2022 menjadi Tahun dimana Terminal Bus W.A Gara resmi naik status menjadi Terminal Bus Tipe A, dimana status tersebut membuat pengelolaannya kini berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan.

Terminal yang terletak di Palangka Raya, Kalimantan Tengah ini merupakan salah satu titik pemberangkatan bagi bus dengan rute perjalanan dari dan menuju Pangkalanbun, Sampit, Buntok, Muara Teweh, Hingga Banjarmasin serta Terminal Bus W.A Gara sendiri sudah aktif beroperasi sejak 2011.

Area Parkir Bus Di Terminal Gambut Barakat (Sumber Gambar : BPTD XV KALSEL)
Area Parkir Bus Di Terminal Gambut Barakat (Sumber Gambar : BPTD XV KALSEL)

KETIGA, TERMINAL BUS GAMBUT BARAKAT

Gambut Barakat merupakan terminal bus Tipe A yang berlokasi di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Terminal ini sendiri dibangun diatas lahan seluas 5 Hektar dan untuk mendukung operasionalnya terminal ini mempunyai bangunan gedung seluas 5.848 meter persegi serta pembangunan terminal bus ini selesai pada tahun 2012 lalu.

Baca Juga: Melihat Keunggulan Dari Scania K360IB

Bagaimana Menurut Kamu Setelah Mengetahui Beberapa Terminal yang ada Di Kalimantan?, Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top