KNKT Sarankan Pembatasan Usia Pakai Body Bus

Tampilan Armada PO Makmur yang habis rebody (Gambar/membelipengalaman/Blog)

Serangkaian insiden lalu lintas yang melibatkan bus pariwisata di Indonesia cukup banyak terjadi pada tahun 2022 ini dan dalam insiden tersebut tidak jarang penumpang bus mengalami cidera ringan, berat hingga kematian. Disisi lain untuk meminimalisir korban jiwa Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT Sarankan Pembatasan Usia Pakai Body Bus kepada Kementerian Perhubungan yang mana memisahkan antara usia pakai body dengan sasis.

Baca Juga: Dua Terminal Bus Ini Akan Di Modernisasi Untuk Percontohan

Dengan cara tersebut diharapkan dapat menurunkan potensi terjadinya korban jiwa pada penumpang bus, selain itu apabila body bus sudah melebihi usia pakai yang ditetapkan maka perusahaan penyedia jasa layanan transportasi bus dapat memasangkan body baru di atas sasis yang sama.

Sehingga apabila terjadi insiden yang melibatkan bus diharapkan resiko penumpang bus terluka yang disebabkan oleh komponen body dapat diminimalisir.

selain itu dengan kondisi body yang bagus dan kokoh maka akses evakuasi penumpang bus akan lebih mudah serta cepat.

Disisi lain perubahan body bus juga wajib mengikuti standar aturan yang dimiliki oleh pabrikan kendaraan komersial itu sendiri, dimana hal tersebut untuk mencegah adanya kendaraan dengan dimensi yang melebihi regulasi di Indonesia.

Baca Juga: Body Bus Discovery Produksi Laksana Dari Masa Ke Masa

Bagaimana Menurut Sahabat Transport Tentang KNKT Sarankan Pembatasan Usia Pakai Body Bus?

Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top