Kiprah Salah Satu Pesawat Terlaris Di Dunia Airbus A320

Air France A320 (Sumber Gambar : wikimedia)

Salah Satu Pesawat Terlaris Di Dunia Airbus A320 merupakan salah satu jenis pesawat yang cukup banyak dioperasikan oleh sejumlah maskapai di dunia, termasuk Indonesia.

Pesawat A320 sendiri dirancang oleh Airbus sebagai pesawat angkut penumpang yang dapat beroperasi mengisi rute penerbangan jarak dekat dan menengah.

Baca Juga: Pesawat Listrik Alice Sukses Mengudara

Disisi lain Airbus A320 merupakan salah satu pesawat penumpang pertama yang dilengkapi sistem kendali Fly-By-Wire digital.

Fly-By-Wire sendiri merupakan sistem yang dapat mengontrol pergerakan pesawat dengan menggunakan elektronik sebagai alat untuk mengatur sejumlah sistem kendali pesawat seperti Aileron, Elevator, Rudder dan sebagainya.

Yang Menarik dari sistem Fly-By-Wire rancangan Airbus ini digadang-gadang mampu mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar pesawat dan hal itu tentu dapat meningkatkan jangkauan operasional pesawat.

Terlebih lagi fitur tersebut dapat mempermudah kerja pilot dalam mengoperasikan pesawat. Selain itu, Airbus juga merancang A320 sebagai pesawat yang mampu mengalahkan sejumlah varian pesawat produksi Boeing dari segi teknologi seperti Boeing 727 dan 737 series.

Airbus A320 sendiri baru diperlihatkan ke publik pada tahun 1988, setelah sebelumnya sukses melalui sejumlah pengujian termasuk uji terbang perdananya di tahun 1987.

Kehadiran pesawat Airbus A320 juga direspon baik oleh sejumlah perusahaan penerbangan dunia dan pada kurung waktu tahun 2005 hingga 2007 pesawat A320 menjadi salah satu varian pesawat yang paling banyak dipesan.

hingga pada tahun 2020 kabarnya Airbus telah diproduksi sebanyak 9,380 unit A320 dan angka tersebut akan terus bertambah.

Airbus A320 Neo (Sumber Gambar : Aircharterservice)
Airbus A320 Neo (Sumber Gambar : Aircharterservice)

Airbus selaku produsen juga terus melakukan pengembangan pada Airbus seri A320, Sehingga pada tahun 2014 Airbus melakukan pengujian terbang perdana pada A320neo dan di tahun 2016 pesawat ini resmi diperkenalkan ke publik.

Neo sendiri merupakan singkatan dari “New Engine Option” dan kehadiran A320neo menjadi babak baru persaingan industri penerbangan dunia.

dimana pesawat keluaran terbaru akan dituntut memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dan minimnya emisi gas buang yang dihasilkan.

Di Indonesia sendiri Airbus jenis A320 merupakan salah satu pesawat yang bisa dikatakan sesuai dengan kondisi Indonesia, dimana A320 memiliki dimensi yang tidak terlalu besar sehingga dapat mendarat di sejumlah bandara di Indonesia.

Baca Juga: Bersaing Dengan Airbus Dan Boeing Tiongkok Perlihatkan C919

Pada A320-200, Airbus mendesain pesawat ini untuk mampu memuat sebanyak 180 penumpang (Sesuai Kelas), dengan dimensi Panjang pesawat 3.757 m, Bentang sayap mencapai 3.410 m, dan Tinggi ekor 1.176 m.

Disisi lain A320 series mampu terbang pada ketinggian jelajah 12.000 m (39.000 ft), dan pada saat pesawat ini terisi penuh A320 dapat dioperasikan dengan jarak jangkauan maksimal sejauh 3.200 mil laut.

Bagaimana Menurut Kamu Tentang Salah Satu Pesawat Terlaris Di Dunia Airbus A320?, Bagikan Pendapatmu Dikolom Komentar Dibawah Dan Nantikan Informasi Seputar Transportasi Lainnya Hanya Di Digitalototransport.Com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top