Keunggulan Mesin Diesel Dan Bahan Bakar Solar Bagi Bus

Tampilan Mesin Baru Yang Disematkan oleh Hino pada line up produknya yang terbaru (sumber gambar/Bagas/MobilKomersial)

Di Indonesia Mayoritas bus menggunakan mesin diesel dan bahan bakar solar sebagai sumber energinya, hal ini tentu karena Keunggulan Mesin Diesel Dan Bahan Bakar Solar. Untuk itu kami akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Baca Juga: Terminal Bus Terpadu Amplas Medan Dan Perkembangannya

Bahan Bakar Diesel merupakan suatu cairan bahan bakar yang dipergunakan pada mesin diesel, jenis cairan yang paling umum ialah Minyak yang berasal dari hasil distilasi fraksi minyak bumi. Dan di Indonesia bahan bakar jenis ini biasa dikenal sebagai Solar.

Jika membahas mengenai bahan bakar solar tentu tidak terlepas dari keunggulan yang dimiliki oleh mesin diesel.

sehingga saat ini masih banyak perusahaan penyedia jasa layanan transportasi darat berbasis bus maupun truck yang mengandalkan kendaraan berbahan bakar solar.

Mesin diesel sendiri dinilai lebih ekonomis dan memiliki torsi yang besar dibandingkan mesin bensin, secara ekonomis tentu mesin jenis ini dinilai lebih unggul dibandingkan mesin jenis lainnya terlebih lagi harga bahan bakar solar terbilang lebih terjangkau dibandingkan bahan bakar jenis lainnya.

Disisi lain bus merupakan moda transportasi yang memiliki daya angkut yang relative lebih berat dibandingkan kendaraan yang menggunakan mesin jenis bensin, dengan begitu bus sangat memerlukan torsi yang besar.

Oleh karena itu mesin jenis diesel masih populer digunakan oleh produsen kendaraan komersial didunia. kemudian mesin diesel juga memiliki perfoma yang lebih unggul.

sehingga mesin tersebut mampu menempuh perjalanan yang memakan waktu relative lama dan mesin dengan bahan bakar solar dinilai lebih irit karena pembakarannya yang sedikit.

Baca Juga: Mengapa Bus Akap Belum Tertarik Menggunakan Bus Listrik

Tidak hanya itu, mesin jenis diesel dirancang memiliki durability yang baik sehingga tidak mudah rusak, Walaupun begitu mesin jenis ini tetap perlu perawatan secara berkala agar kondisi mesin tetap prima.

nah itulah pembahasan singkat tentang Keunggulan Mesin Diesel Dan Bahan Bakar Solar, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top