Cityline 3 EV Bus Listrik Produksi Karoseri Laksana

Tampilan Depan dari Cityline 3 EV (sumber gambar/bakrie untuk negeri)

Bus listrik saat ini tengah menjadi sorotan, pasalnya bus dengan energi ramah lingkungan dinilai dapat menjadi solusi mengatasi problematika efek gas rumah kaca yang berasal dari kendaraan dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai body bus Cityline 3 EV Bus Listrik Produksi Karoseri Laksana.

Bus Listrik Cityline 3 EV merupakan hasil kolaborasi antara karoseri Laksana dengan Bakrie Autoparts selaku distributor BYD di Indonesia, Cityline 3 EV sendiri baru diperlihatkan ke publik pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Beberapa Hal Unik Di Balik Nama Perusahaan Otobus Indonesia

Kendaraan ramah lingkungan tersebut dibangun pada sasis bus listrik produksi Build Your Dreams (BYD) Tiongkok.

dan kemudian karoseri Laksana melakukan sejumlah pengembangan dan penyesuaian agar body bus buatannya tersebut dapat memenuhi standar Gross Vehicle Weight (GVW) yang telah ditetapkan oleh produsen sasis bus listrik tersebut.

Secara desain eksterior body bus itu terlihat tidak banyak perubahan selayaknya body Cityline 3 dengan basis sasis berbahan bakar Solar.

namun ternyata karoseri Laksana melakukan perubahan pada material yang digunakan, seperti penggunaan bahan Aluminium pada plat bodynya.   

Tampilan Samping Dari Cityline 3 EV (Sumber Gambar/Bakrie Untuk Negeri)
Tampilan Samping Dari Cityline 3 EV (Sumber Gambar/Bakrie Untuk Negeri)

Dengan adanya sejumlah pengembangan dan penyesuaian yang dilakukan oleh karoseri tersebut, membuat body bus Cityline 3 menjadi lebih ringan tanpa harus menurunkan standar kualitas bodynya.  

Secara spesifikasi bus Cityline 3 EV diklaim dapat menempuh jarak sejauh 250 Kilometer dalam sekali pengisian dayanya dan sekali pengisian daya kabarnya bus listrik ini membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 jam.

Tampilan Kabin Penumpang Dari Cityline 3 EV (Sumber Gambar/Bakrie Untuk Negeri)
Tampilan Kabin Penumpang Dari Cityline 3 EV (Sumber Gambar/Bakrie Untuk Negeri)

Disisi lain bus Cityline 3 EV diperuntukan untuk moda transportasi perkotaan sehingga kapasitas angkut penumpang menjadi salah satu hal yang diperhatikan, dan bus ini sendiri dapat mengangkut sebanyak 50 penumpang dengan konfigurasi duduk maupun berdiri.

Baca Juga: Mengapa Transportasi Bus Menjadi Favorite Banyak Kalangan?

Selain itu Cityline 3 EV kabarnya masih menunggu hasil uji coba yang dilakukan oleh oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan apabila Cityline 3 EV sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh Transjakarta maka bukan tidak mungkin bus buatan anak bangsa ini akan dipesan dalam jumlah banyak.

Demikianlah pembahasan tentang Cityline 3 EV Bus Listrik Produksi Karoseri Laksana, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top