Apa Itu Water Salute Di Penerbangan

Apa Itu Water Salute Di Penerbangan, dan kenapa Pesawatnya diguyur air, emang ga bikin rusak pesawat.

Pernah ga sih kamu terbang dengan suatu maskapai penerbangan dengan rute yang baru banget dia buka, eh pas sampai tujuan malah diguyur air pesawatnya. Ini ditolak mendarat atau gimana yak.

Buat yang belum tau, ini tuh namanya Water Salute (gambar dibawah), yang fungsinya bukan buat ngusir pesawat kamu, melainkan menyambut kehadiran pesawat yang kamu naiki.

Prosesi Water Salute Pada RYAN Air (Gambar: Wikipedia)
Prosesi Water Salute Pada RYAN Air (Gambar: Wikipedia)

Dikarenakan pesawat tersebut menjadi yang pertama mendarat di rute yang baru saja dibuka oleh Managemen maskapai atau dikenal juga sebagai Inaugural Flight.

Baca Juga: Daftar Maskapai Asing Yang Beroperasi Dikawasan ASEAN

Sehingga sebagai wujud penyambutan, umumnya akan ada dua mobil pemadam kebakaran bandara sebagai mana gambar sebelumnya yang terpakir saling berhadapan dalam jarak tertentu.

Yang kemudian menyemprotkan air sesuai aturan yang ada pada saat pesawat kamu tiba atau mendekati posisi pemberhentian.

Dimana prosesinya pun tidak begitu memakan waktu yang lama, yang mana kedua kendaraan tersebut hanya melakukan semburan air kurang lebih selama 2 menit.

Kendatipun terbilang sebentar, namun dalam sekali prosesi ini, sebuah kendaraan PKP-PK (pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran) dapat menghabiskan setidaknya 3.000 galon air.

Selain digunakan pada Inaugural Flight, Water Salute juga umumnya akan digunakan pada saat terjadinya sebuah moment penting seperti lahirnya pesawat tipe atau model terbaru atau First Flight dan sebagainya

Lantas apakah hal ini dapat merusak pesawat?

Sebenarnya proses Water Salute tidak dapat merusak pesawat jika segala prosedurnya dijalankan dengan baik.

Mulai dari berkoordinasi dengan pihak Air Traffic Controller (ATC), pengelola bandara, kru maskapai hingga para penumpang pesawat yang akan disemprot tersebut harus mengetahuinya.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Saat Di Pesawat

Jangan sampai insiden di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab terulang kembali.

Yang disebabkan oleh minimnya koordinasi kala itu, membuat proses water salute, justru memakan korban dan menimbulkan kerusakan serius pada pesawat, dikarenakan penumpang panik mengira pesawat dalam kondisi darurat.

Itu dia pembahasan mengenai Apa Itu Water Salute Di Penerbangan, dan kunjungi digitalototransport.com untuk mengetahui beragam informasi seputar transportasi.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top