4 Bandara Terbesar di Indonesia

Tampilan salah satu pesawat milik maskapai Garuda Indonesia

Bandara terbesar di Indonesia menjadi hal yang menarik untuk dibahas, pasalnya penumpang maskapai penerbangan setiap tahun terus meningkat.

Yang mana bandara merupakan prasarana paling penting untuk mendukung mobilitas moda transportasi udara.

Selain itu kualitas bandar udara menjadi tolak ukur suatu maskapai dalam memilih armadanya untuk melayani rute penerbangan dari dan ke sebuah daerah.

Semakin luasnya kawasan bandar udara maka pesawat yang dapat mendarat akan lebih besar juga, berikut beberapa bandar udara terluas di Indonesia.

Desain Bandara Internasional Soekarno Hatta Desain Bandara Internasional Soekarno Hatta
  • Bandara Internasional Soekarno Hatta

Berbicara fasilitas bandar udara di Indonesia pasti nama bandara yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia maupun dunia, Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan bandara terluas di Indonesia hingga saat ini.

Bandar udara ini berlokasi di kota Tangerang yang tepatnya berada di provinsi Banten, bandar udara yang diresmikan pada tanggal 1 Mei 1985 ini dibangun pada lahan seluas 2.555 hektar.

Bandar udara ini diresmikan untuk menggantikan peran dari Bandara Internasional Kemayoran yang sudah kelebihan kapasitas dan pada tahun 1991 Bandara Soekarno Hatta diperluas yang bertujuan untuk menggantikan peran dari Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma pada segmen rute penerbangan Internasional.

Sehingga bandara Halim Perdana Kusuma masih melayani penerbangan domestik charter, VIP, dan swasta serta digunakan untuk markas angkatan udara republik Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Pesawat Boeing Tipe 737-800

Namun kini Bandara Internasional Soekarno Hatta mengalami kelebihan kapasitas, oleh sebab itu bandara Halim Perdana Kusuma kembali dibuka untuk penerbangan komersial domestik sehingga dapat mengurangi kelebihan kapasitas bandara Soekarno Hatta.

Tampilan Bandara Internasional Kertajati Tampilan Bandara Internasional Kertajati
  • Bandara Internasional Kertajati

Bandara yang dibuka sejak 24 Mei 2018 lalu merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia, Bandara Internasional Kertajati berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bandar Udara yang dibangun diatas lahan seluas 1.800 hektar ini dapat menampung sejumlah pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777.

Sama halnya dengan bandara Halim PerdanaKusuma, bandara Internasional Kertajati berfungsi untuk membantu memudahkan lalu lintas udara serta menopang bandara Soekarno Hatta yang kabarnya saat ini sudah mengalami overcapacity atau kelebihan kapasitas.

Tampilan Terminal Bandara Hang Nadim Tampilan Terminal Bandara Hang Nadim
  • Bandara Hang Nadim

Bandara Hang Nadim berlokasi di kota Batam provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Bandara ini memiliki landasan pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikannya sebagai salah satu bandar udara yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia.

Dengan landasan yang panjang, bandara ini dapat disinggahi pesawat dengan badan dan bobot yang cukup besar seperti Airbus A380, Boeing 747, Boeing 767, dan Boeing 777.

Serta bandara ini kerap kali dipergunakan sebagai bandara transit bagi pesawat yang hendak melayani rute penerbangan yang cukup jauh.

Baca Juga: Beberapa Maskapai Penerbangan Yang Tumbang Akibat Pandemi Covid 19

Bandara Hang Nadim beroperasi di area seluas 1.762 hektar dengan luas terminal mencapai 30.000 meter persegi.

Tampilan salah satu icon Bandara Internasional Kualanamu Tampilan salah satu icon Bandara Internasional Kualanamu
  • Bandara Internasional Kualanamu

Bandara Internasional Kualanamu merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia, serta beroperasi pada 25 Juli 2013 namun baru diresmikan pada 27 Maret 2014.

Bandara ini berlokasi di kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Serta menggantikan peran dari bandar udara Internasional Polonia yang telah kelebihan kapasitas dan usia bandara polonia kini sudah berusia lebih dari 85 tahun.

Selain itu bandara Internasional Kualanamu juga berfungsi sebagai bandara transit dipulau Sumatera.

Itulah pembahasan tentang bandara terluas di Indonesia, bagaimana menurut sahabat transport? bagikan pendapatmu dikolom komentar.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top