Bus Listrik Tingkat VAN HOOL TDX25E Cetak Rekor Jarak Tempuh

Van Hool TDX25e

Bus Listrik Tingkat VAN HOOL TDX25E Beberapa waktu yang lalu berhasil mencetak rekor sebagai “Bus Listrik Tingkat” dengan jarak tempuh terjauh dikelasnya.

Van Hool TDX25E tercatat berhasil menempuh jarak hingga 418 km hanya dalam sekali pengisian daya saja. Wow jauh juga ya,

Jika di Indonesia jarak 418 kilometer bisa kemana ajah nih?      

Bus Listrik Tingkat Van Hool TDX25EBus Listrik Tingkat Van Hool TDX25E

Dengan Jarak Tempuh Sebesar 418 Kilometer, setara dengan rute perjalanan darat menggunakan bus dari “Jakarta menuju kendal” (419km) Via Tol Cipali dengan estimasi waktu tempuh sekitar 5 Jam 38 Menit,

akan tetapi jika kita menggunakan sistem bus AKAP di Indonesia yang tidak 100% full jalan tol, sehingga bus akan keluar dan masuk jalan tol dengan beragam tujuan mulai dari rumah makan, terminal bus, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Inilah Rute Bus Gratis Sirkuit Mandalika Saat MotoGP 2022

Maka dari itu kemungkinan besar bus tingkat listrik tersebut hanya dapat menempuh jarak dari “Jakarta menuju Pekalongan” saja dengan jarak sekitar 361Km,

sebagai catatan sebanyak 57 Km dipergunakan untuk ke titik rute tertentu seperti terminal bus, rumah makan, hingga terminal bus bayangan.      

Bus Listrik Nol Emisi Dan Ramah LingkunganBus Listrik Nol Emisi Dan Ramah Lingkungan

Pemecahan rekor tersebut dilakukan oleh distributor resmi Van Hool di Amerika Serikat yaitu ABC (ABC Companies) yang dilaksanakan dinegara Amerika Serikat,

pada road test tersebut VAN HOOL TDX25E melakukan perjalanan dengan Jarak 4.023 Km yang memakan waktu hingga 6 hari dari Florida menuju California.

Selain itu ABC Companies juga melarang bus tingkat listrik ini mengisi dayanya ditempat pengisian khusus sehingga kendaraan listrik tersebut harus mengisi daya di tempat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terdapat disepanjang rute perjalanan.

Baca Juga: Hino RM280 Chasis Bus Flagship Baru Produksi Hino

Berikut Spesifikasi VAN HOOL TDX25E

Pada road test yang dilakukan oleh ABC Companies, menggunakan armada bus tingkat listrik dengan kapasitas penumpang sebesar 69 orang (Seat).

Pada penggeraknya bus ini menggunakan Motor Listrik Siemens ELFA II yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 360kW pada torsi 4.242 Nm. 

Serta dapat melaju hingga kecepatan maksimalnya sekitar 114 Km/jam, selain itu mesin ini juga didukung oleh kapasitas baterai sebesar 676 kWh.    


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top