Ini Dia Spesifikasi Sasis Bus Scania K410CB 6×2

Tampilan Eksterior Samping Scania K410CB

Ini Dia Spesifikasi Sasis Bus Scania K410CB 6×2 yang tampil untuk pertama kalinya ke publik pada pameran otomotif GIIAS 2023 kemarin.

K410CB merupakan identitas dari salah satu model sasis terbaru produksi Scania, yang mana sasis model ini merupakan generasi terbaru dan kemungkinan besar menggantikan produk dari sasis bus bermesin belakang seri K410IB yang telah lebih dulu hadir.

Sehingga Scania K410CB untuk saat ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya sasis bus dikelas 410HP yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5 di Indonesia.

Sebelum sasis model ini diperlihatkan ke publik, gambar mengenai keberadaan sasis bus model K410CB sendiri sudah banyak beredar di media sosial.

Barulah pada ajang pameran otomotif GIIAS 2023 kemarin, Scania memperlihatkan produk sasis bus bermesin belakang Scania K410CB ke publik melalui beberapa karoseri bus lokal.

Dimana bus model AVANTE D2 Facelift, JETBUS 5 SHD Double Glass, dan LEGACY SR3 XDD Ultimate merupakan sejumlah model body bus yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2023 dengan menggunakan sasis Scania K410CB.

Hadirnya sasis bus bermesin belakang Scania K410CB dengan mekanisme penggerak 6×2 ini menambah daftar model sasis bus tronton dengan standar emisi Euro 5 di Indonesia.

Selain itu sasis Scania K410CB juga menggunakan teknologi yang serupa seperti sasis bus dengan standar emisi Euro 5 pada umumnya, dimana sasis model ini sudah menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Dengan Bus Pariwisata

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri SCANIA K410CB telah dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 13.000 cc tipe DC13 139.

Dimana mesin model ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 410 Hp dan torsi diangka 2150 Nm, serta sasis Scania K410CB juga didukung dengan transmisi Opticruise GRS895R.

Disamping itu SCANIA K410CB juga sudah menggunakan model dashboard kemudi bawaan dari pabrikan dan kabarnya tidak boleh dilepas.

Sehingga karoseri bus lokal kemungkinan besar memiliki rancangan desain tersendiri pada bagian dashboard kemudi dari body bus produksinya yang dibangun diatas sasis Scania generasi terbaru.

Untuk Steering wheel dari SCANIA K410CB juga sudah menggunakan model terbaru yang terlihat lebih kompleks dan minimalis dibandingkan model sebelumnya, serta sasis model ini juga telah didukung dengan fitur Electric parking brake.

Baca Juga: Mengulas Bus LEGACY SR3 Double Decker Versi Ultimate

Selain itu karena regulasi di Indonesia masih membatasi Panjang kendaraan komersial bus diangka 13,5 meter, maka seluruh sasis dengan sistem penggerak 6×2 yang dipasarkan dinegara ini hanya dapat dipanjangkan hingga 13,5 meter. Termasuk Scania K410CB.

Disamping itu sasis bus model ini juga dapat menggunakan beragam model body bus mulai dari bus tipe Maxi, Low Drive, hingga Double Decker dengan dimensi tinggi bus sekitar 4 meteran.

Itu dia ulasan singkat kita mengenai Ini Dia Spesifikasi Sasis Bus Scania K410CB 6×2, dan bagi kamu yang menyukai konten pembahasan seputar transportasi bisa kunjungi digitalototransport.com.


Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari DigitalOtoTransport.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top